PKM STKIP Al Hikmah beri Pelatihan Pembuatan Media Papan Permainan Berbasis Platform Digital bagi Guru MI Nurul Hidayah Kemorogan Gresik

Sebagai bentuk kontribusi STKIP Al Hikmah dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, Tim dosen STKIP Al Hikmah Surabaya mengadakan pengabdian masyarakat dalam bentuk memberikan pelatihan kepada guru MI Nurul Hidayah Gresik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan implementasi dari program hibah pengabdian masyarakat tahun 2024 yang didanai oleh kemdikbud ristek.

Tema pelatihan dalam kegiatan pengabdian ini adalah" Pelatihan Pembuatan Media Papan Permainan Berbasis Platform Digital Sebagai Media Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris". Pelatihan ini berlangsung dari Juli hingga Agustus 2024 di MI Nurul Hidayah Kemorogan Gresik.

Tim pengabdian masyarakat adalah tiga dosen STKIP Al Hikmah yaitu Faishol Hadi, M.Pd. selaku ketua tim pengabdian masyarakat, serta dua anggota yaitu Achmad Anang Darmawan, M.Pd. dan M. Misbachul Huda, M.Pd. Pelatihan ini diikuti oleh 16 guru dari MI Nurul Hidayah Gresik, yang bertujuan untuk memperkuat keterampilan mereka dalam pembuatan media papan permainan berbasis platform digital.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan platform digital untuk media pembelajaran menjadi sangat penting. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengatasi kekurangan pengetahuan dan keterampilan guru MI Nurul Hidayah Gresik dalam dalam membuat media papan permainan berbasis platform digital sebagai sarana penguatan profil pelajar pancasila, khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris.

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

Dalam pelatihan ini, para peserta memperoleh pelatihan intensif mengenai cara merancang dan mengembangkan media papan permainan berbasis platform digital sebagai sarana penguatan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran bahasa Inggris. Media permainan ini dirancang khusus untuk mendukung penguatan profil pelajar Pancasila, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, khususnya pada kegiatan penguatan profil pelajar pancasila.

Platform digital yang digunakan yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah microsoft power point, Canva, dan Word Wall. Selama pelatihan, peserta menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi. Mereka mempelajari cara-cara kreatif dalam menggunakan alat digital tersebut untuk membuat papan permainan yang mendukung penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Hasil dari pelatihan ini terlihat jelas dengan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan media papan permainan berbasis platform digital. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan dampak positif terhadap proses belajar mengajar di MI Nurul Hidayah Gresik, dengan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat bantu pembelajaran. Dengan adanya media papan permainan yang inovatif dan berbasis platform digital, diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dan memperkuat karakter pelajar Pancasila di kalangan siswa.