Karena Pramuka, Kak Putri menjadi Dosen Tamu di PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang

Kamis, 23 Desember 2021, Adhy Putri Rilianti, M. Pd., dosen PGSD STKIP Al Hikmah Surabaya diundang oleh PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sebagai dosen tamu dalam Mata Kuliah Dasar Kepramukaan. Sejumlah 43 mahasiswa semester lima antusias mengikuti perkuliahan daring melalui platform zoom tersebut. Kak Putri, sapaannya dalam dunia kepramukaan, aktif berkegiatan kepramukaan dari SD hingga saat ini ketika menjadi dosen. Kak Putri merupakan salah satu Pembina Pramuka di STKIP Al Hikmah Surabaya.

Pengalamannya membina Pramuka Siaga dan Penggalang ketika mengajar di SD NU Yogyakarta pada tahun 2013-2018 menjadi topik utama pada perkuliahan daring PGSD UNIMMA tersebut. Tidak hanya menyimak materi, mahasiswa juga aktif bertanya pada sesi tanya jawab. Pertanyaan yang ditanyakan lebih banyak berkaitan dengan pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah yang telah diobservasi para mahasiswa pada pertemuan sebelumnya. Banyak siswa dan mahasiswa yang kurang berminat mengikuti kegiatan kepramukaan. “Sebagai calon guru SD, yuk belajar kepramukaan dari sekarang, karena Pramuka merupakan wadah pendidikan karakter dan memiliki citra yang positif di masyarakat. Biasanya juga di SD, yang muda yang berkarya, mau tidak mau nanti Kakak-kakak harus berkontribusi. Jadikan pramuka ini sebagai ladang dakwah kita. Jika belum cinta Pramuka, maka mulailah mencintai, belajar, dan sharing dengan saya misalnya.”, pesan Kak Putri menutup perkuliahan tersebut.

Sukma Wijayanto, M. Pd., dosen pengampu Mata Kuliah Dasar Kepramukaan PGSD UNIMMA menyampaikan bahwa antusias mahasiswa tinggi ketika mengikuti perkuliahan dengan dosen tamu Kak Putri. Dosen yang turut berpartisipasi menjadi peserta di perkuliahan tersebut juga memberikan kesan positif. Pada pertemuan selanjutnya, Kak Putri akan diundang kembali pada perkuliahan Dasar Kepramukaan di kelas lain. (AP/ 27/12/21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.