Pekan Hari Guru Nasional: Mengasah Keterampilan Calon Guru

Selama bulan November, BEM STKIP Al Hikmah melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Guru Nasional 2021. Panitia berhasil menyelenggarakan tiga kegiatan yaitu Teacher Idol Competition, Teaching Bingo Challenge, dan Webinar Pendidikan. Selain itu, panitia bersama celuruh civitas akademika berpartisipasi aktif di penguatan kompetensi keguruan selama tanggal 22 – 27 November 2021.

Teacher Idol Competition (TIC) 2021 diikuti oleh mahasiswa dari puluhan kampus di Jawa Timur, Yogyakarta, bahkan hingga Sorong. STKIP Al Hikmah kembali berhasil meraih Juara 1 yang diwakili oleh Maulana Yafi dari Program Studi Pendidikan Matematika. Adapun Juara Umum Teaching Bingo Challenge dimenangkan oleh Tri Wulandari dari MAN 2 Gresik. Tri berhasil menyelesaikan 9 tantangan mengajar dan mendapatkan gratis biaya pendaftaran ke STKIP Al Hikmah.

Kegiatan internal civitas akademika selama pekan Hari Guru Nasional adalah belajar dari peserta TIC. Mahasiswa menonton video Uji Penguasaan Materi oleh semifinalis sesuai program studi dan berlatih bertanya jawab kritis tentang topik pelajaran sekolah yang diujikan. Selain itu, mahasiswa diminta menulis esai “Jika saya mengajar …. “ setelah menyaksikan video Final TIC. Nonton bareng ini menjadi sarana belajar mengasah keterampilan mahasiswa sebagai calon guru.

Rangkaian kegiatan Hari Guru Nasional 2021 ditutup dengan Webinar Pendidikan yang mengangkat tema Menyiapkan Keterampilan Calon Guru menjadi Teladan dan Inspirasi Generasi Alfa. Pembicara yang dihadirkan adalah Ibu Nurmalahayati Guru BK Berprestasi dari SMAN 15 Surabaya; kak Kusuma Dyah Sekararum (Ara Kusuma) penggagas Aha! Project; dan ustadz Andik Sugeng Wahyudi selaku Direktur Pendidikan Sekolah Al Hikmah Surabaya. (AF/ 3/11/21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.