Kuliah Bersama Ditjen GTK: Optimalisasi LPTKNI dalam Penyiapan Guru Masa Depan

Kuliah umum bersama pemangku kebijakan di bidang pendidikan merupakan kegiatan rutin STKIP Al Hikmah yang telah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian STKIP Al Hikmah terhadap perkembangan dunia pendidikan. Dengan mengangkat tema “Optimalisasi LPTKNI dalam Penyiapan Guru Masa Depan”, kuliah umum pada 2021 ini menghadirkan Dr. Praptono, M.Ed. selaku Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Ditjen GTK Kemdikbudristek.

Kuliah umum bersama Direktur Kepalas Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Ditjen GTK, kemdikbudristek ini diselenggarakan pada Jum’at, 26 November 2021. Dihadiri peserta dari berbagai praktisi pendidikan baik mahasiswa calon guru, dosen, tenaga kependidikan, pimpinan sekolah dan guru sekolah Al Hikmah dan sekolah mitra, beserta undangan, kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui ruang virtual Zoom Meeting dan ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube STKIP Al Hikmah Surabaya Live.

Dalam paparannya Dr. Praptono, M.Ed. menyatakan bahwa program-program pendidikan yang berjalan saat ini berorientasi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui transformasi sekolah. Transformasi ini dimulai dengan penguatan kapasitas SDM yaitu guru, kepala sekolah, dan pengawas melalui program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, dan Organisasi Penggerak.

Selain itu, Bapak Praptono juga mengemukan terobosan lain dalam pendidikan PPG Pra-Jabatan Model Baru sebagai solusi rekrutmen guru ASN yang berkualitas. Untuk mendapatkan guru yang berkualitas maka seleksinya pun berbeda dengan seleksi ASN lain. Seleksi ASN guru meliputi tes penguasaan konten, tas literasi dan numerasi, tes kepribadian, serta wawancara. ASN guru ini pun tidak dapat langsung mengajar sebelum mengikuti PPG Pra-Jabatan Model Baru.

Sebagai penutup paparan, Bapak Praptono juga menyampaikan kembali program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, dan Organisasi Penggerak. Tak lupa beliau juga mengajak para peserta untuk berpartisipasi dalam program-program kementerian tersebut. (AE/2/11/21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.