“Eksis dengan Berbahasa Indonesia Bersama Ivan Lanin”

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Al Hikmah Surabaya, Universitas Islam Mojokerto, Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo, serta Universitas Hasyim Asy’ari Jombang mengajak para akademisi dan masyarakat secara umum agar dapat eksis dengan berbahasa Indonesia. 

Ajakan tersebut diutarakan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa yang berwujud Webinar  Bahasa bersama Direktur Narabahasa Ivan Lanin bertajuk “Eksis Berbahasa Indonesia”.

Gelaran edisi menyemarakkan Bulan Bahasa yang melibatkan sejumlah akademisi dari lintas perguruan tinggi dan masyarakat secara umum itu digelar secara virtual melalui platform Zoom dan YouTube, Rabu (27/10/2021).

Ivan Lanin menjelaskan, eksis berbahasa Indonesia dimulai dengan menguasai 4 keterampilan berbahasa di antaranya: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, dapat memahami fungsi bahasa yang meliputi: ekspresi, komunikasi, dan sosial.

“Eksis berbahasa Indonesia perlu disertai dengan mengenal historis bahasa itu sendiri, memahami konteks yang baik dan kaidah yang benar, beserta laras bahasa. Dengan eksis berbahasa Indonesia, masyarakat dapat mempertahankan dan mengenalkan bahasa Indonesia lebih luas hingga ke dunia Internasional.” papar Ivan Lanin dalam Webinar  Bahasa, Rabu (WH/27/10/2021).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *