ENGLISH CAMP 2021

CLOSING CEREMONY VIRTUAL ENGLISH CAMP 2021

            Program English Camp ini adalah salah satu program wajib unggulan di SMP IT Insan Kamil Sidoarjo bagi seluruh siswa/siswi baru sejak beberapa tahun yang lalu. Pada tahun  22021, English Camp tahun dilaksanaan secara daring dan luring dengan penjadwalan 4 kelas yang  PTM setiap hari. Ini adalah tahun kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al Hikmah Surabaya dipercaya penuh untuk mengawal kegiatan virtual English camp 2021. Adapun tema yang diambil pada English camp tahun 2021 yaitu “the key to explore the world.”

            Menurut penuturan dari ustadzah Lina Aris Ficayuma, M.Pd, selaku koordinator dari STKIP Al Hikmah menyebutkan ada satu native speaker yang terlibat yaitu Mr. Eugine Lang dari German yang mengenalkan metode birkhenbil,  7 dosen pendamping, 12 wali kelas, 15 mahasiswa (12 tentor utama dan 3 tentor pendamping) yang akan mengajar  sebagai tentor di 12 kelompok A-F putra dan putri  , 7 dosen pedamping, 2  koordinator bidang kurikulum, 1  guru ketua English conversation club,  2 koordinator virtual English Camp, dan 130 siswa/siswi kelas VII dan beberapa kelas VII dan VIII SMP yang belum mengikuti English Camp pada tahun lalu.

            Pada acara closing ceremony yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 02 Oktober 2021 pukul 07.00 – 09.13 WIB, tahun ini ada 72 siswa/siswi terbaik yang mendapat penghargaan dengan rincian 6 siswa/siswi dari setiap kelompok dengan 6 kategori: 1) terbaik ibadah, 2) terbaik tanggung jawab, 3) terbaik aktif partisipatif, 4) terbaik birkhenbil, 5) terbaik grammar, dan 6) terbaik speaking. Proses penentuan ini melalui proses panjang penilaian selama satu bulan yang dimulai pada 03 September – 02 Oktober 2021 yang dimulai dengan beragam aktifitas pada jam 03.00 WIB – 22.00 WIB. Untuk penilaian akademik meliputi: 1) placement test/pretest sebelum acara English Camp, 2) daily assessment untuk birkhebhil, grammar, speaking, dan vocabulary dengan target 300 kosakata selama satu bulan, 3) weekly test untuk grammar dan birkhenbhil, 4) project based untuk membuat 2 video vlog speaking self introduction dan describing thing yang berbeda-beda setiap kelasnya, serta 5) post test birkhenbhil, grammar, dan speaking. Berdasarkan hasil penilaian rata-rata penilaian siswa/siswi sudah melebihi target KKM-75 dan A1 level  (basic user level) Common European Framework Reference (CEFR) dengan nilai rerata 84-100. Bahkan ada beberapa kelas yang mendapatkan nilai sempurna (100). Evaluasi pekanan juga selalu dilaksanakan setiap Sabtu selama pelaksanaan program. Sehingga ada standar penilaian berdasarkan kurikulum nasional Bahasa Inggris, CEFR, serta ketrampilan abad 21 yaitu HOTS dan 4C’s.

            Sedangkan untuk aspek ibadah dan karakter, penilaian berdasarkan tanggung jawab, kedisiplinan, kejujuran, dan aktif partisipasi pada aktifitas sedekah subuh, pembacaan Al Ma’tsurot, tilawah one day one juz, sholat tahajud, sholat dhuha, sholat fardu, sholat qolbliyah dan ba’diyah, bersih diri, dan dzikir melalui muslim-muslimah body power assessment. Sehingga ada keseimbangan aspek akademik, karakter, bahasa,  dan ibadah yang ditekankan sebagai upaya menjadikan siswa/siswi muslim berkualitas sebagai English language learner yang independent, berilmu dan beradab.

            Adapun platform digital dan media sosial yang digunakan oleh mahasiswa/tentor selama mengajar yaitu google meet, zoom, kahoot, schoology, quizzez, microsoft team, grammarly, canva, postermywall, jamboard, whatshapp, instagram, youtube, instagram, dll.

            Berdasarkan aspek kepuasan, hampir 70% menjawab merasa sangat puas diajar oleh para mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris. Bahkan beberapa siswa  dan siswi sangat senang dan antusias  ketika ada beberapa dosen yang berkenan mengajar mereka dan tidak sabar ingin belajar di kampus STKIP Al Hikmah Surabaya.

            Pada acara closing ceremony, ustadz Dr. Mohammad Zahri, M.Pd selaku Ketua STKIP Al Hikmah Surabaya dan Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) mengapresiasi kegiatan English Camp yang tidak hanya menyeimbangkan akademik tetapi juga karakter dan Ibadah sehingga ilmu dan adab seimbang. Bahkan beliau menyarankan siswa-siswi setelah acara penutupan ini untuk pergi ke kantor imigrasi dan membuat paspor serta segera keliling dunia dan praktek menggunakan Bahasa Inggris, pungkas beliau. Ustadzah Ani Qotul Uhbah, S.Pd selaku Kepala SMP IT Insan Kamil Sidoarjo dan Ustadz Dwi selaku kepala bidang kerjasama juga mengatakan terima kasih banyak ikhtiarnya, serta berharap tahun depan acara English Camp 2021 dengan program  studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al Hikmah Surabaya dapat berlanjut. (LAF/04/10/2021). https://www.youtube.com/watch?v=KFdsAyc3GKQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *