Evaluasi Capaian Pembelajaran

Pada tanggal 4 sd 9 Oktober 2021, Prodi Pendidikan Matematika mengadakan evaluasi capaian pembelajaran di empat pertemuan awal perkuliahan. Evaluasi itu dinamakan Tes Penguasaan Materi (TPM). TPM diberikan kepada setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah keilmuan prodi. Pada pertemuan awal hingga ke delapan mahasiswa akan mendapatkan pembekalan terkait dengan materi di sekolah mulai dari dasar hingga advance. Dari delapan pertemuan itu diadakan evaluasi pada pertemuan ke empat dan ke delapan. 

TPM yang dilakukan oleh mahasiswa memiliki format dari 10 menit monolog, 25 menit tanya jawab dan 5 menit mengerjakan soal. Setiap mahasiswa akan diuji satu persatu dengan 2 orang dosen sebagai dewan penguji. Dosen penguji akan memberikan nilai berdasarkan pada performa yang ditampilkan oleh mahasiswa di setiap sesinya. Nilai hasil TPM akan dikonversikan menjadi nilai UTS untuk semua mata kuliah keilmuan matematika prodi. Sehingga mahasiswa akan berusaha untuk sungguh-sungguh karena satu nilai tersebut akan diberikan sama di pada MK keilmuan matematika yang di program di semester tersebut.

Pemberian evaluasi model Tes Penguasaan Materi merupakan ikhtiar prodi Pendidikan matematika untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan yang baik. Hal ini dikarenakan jika seorang guru matematika tidak memiliki penguasaan materi yang baik maka proses pembelajaran di sekolah akan terhambat dan kompentensi yang akan didapatkan siswa juga terbatas. Yang pada nantinya lulusan prodi Pendidikan matematika jika ditanya oleh siswa tentang soal/materi sekolah dapat menjawabnya mulai dari dasar hingga ke pertanyaan-pertanyaan yang sulit. Bekal tersebut prodi berikan di Tes Penguasaan Materi. (LUT/ 13/10/21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *