PPKM (Prestasi Program Kreativitas Mahasiswa)

Hadirnya Program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) menjelma menjadi nafas baru dalam dunia perguran tinggi. MBKM memacu setiap perguruan tinggi melahirkan lulusan yang kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing, dan berkarakter. Perguruan tinggi melalui juga memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri. Salah satu wadah mahasiswa berinovasi dan mengembangkan diri adalah PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). PKM bukan hal baru bagi kalangan perguruan tinggi, khususnya mahasiswa. PKM merupakan kegiatan tahunan Kemendikbudritek yang memfasilitasi ide kreatif mahasiswa. Oleh karena itu, PKM menjadi ajang bergengsi yang tidak boleh dilewatkan mahasiswa. Mahasiswa melalui PKM tidak hanya mendapatkan pengalaman, melainkan juga itensif pendaaan kegiatan. Hal ini tentu membuat mahasiswa memiliki pengalaman memanajemen kegiatan dan keuangan. Pengalaman yang semakin mengukuhkan mahasiswa sebagai agen perubahan. Selain itu, PKM juga menjadi sarana perguruan tinggi berkompetisi dan bersilaturahmi secara nasional.

STKIP Al Hikmah sebagai salah satu bagian perguruan tinggi secara nyata berkomitmen mengembangkan PKM. STKIP Al Hikmah saat ini telah melahirkan judul PKM yang didanai dengan berbagai luaran. STKIP Al Hikmah pada tahun 2021 berhasil meraih 6 PKM yang didanai Kemendikbudristek. STKIP Al Hikmah senantiasa berkomitmen dan berikhtiar meningkatkan capaian PKM dengan berbagai strategi. Komitmen dan ikhtiar inilah yang akhirnya membuat STKIP Al Hikmah pada tahun 2021 menduduki peringkat 11 pemerolehan pendaan PKM dari 300 lebih kampus di lingkungan LLDIKTI VII. Capaian yang luar biasa di tengah tumbuh kembang STKIP Al Hikmah.

Zainal Abidin, M.Si selaku Wakil Ketua I Bidang Kemahasiswaan menyampaikan “Cita-cita STKIP Al Hikmah tidak sekedar didanai dan mendapat medali emas dari PKM, melainkan suatu saat bisa menjadi tuan rumah PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). PKM menjadi ajang kita mengenal luas cakrawala kegiatan ilmiah”. Selain itu, Wido Hartanto, M.Hum selaku koordinator PKM STKIP Al Hikmah menyampaikan “PKM merupakan penjelamaan integratif mahasiswa kreatif. Penjelmaan itu merupakan aktualisasi dari pikiran atau kognitif, perasaan atau afektif, dan keterampilan atau psikomotorik.”

Apa sebenarnya PKM? Kenapa bisa mendapat pendanaan? Bagaiamana menjadi mahasiswa yang keren dan sukses? Temukan jawabannya dengan bergabung bersama kami. Bergabung bersama STKIP Al Hikmah, Kampus Keguruan dengan berbagai inovasi dan keunggulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *