Al Qur’an Bekal Pemimpin

Menghafal al-Qur’an adalah program unggulan Ma’had ‘Aly STKIP Al Hikmah Surabaya. STKIP tidak hanya berusaha mencetak guru profesional, tetapi juga guru yang memiliki akidah kuat dan akhlak karimah. Tentunya intensifikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan al-Qur’an, merupakan pilihan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam padatnya kegiatan perkuliahan, mahasiswa mempunyai porsi menghafal al-Qur’an yang cukup. Diantara waktunya adalah; setelah Ashar, setelah Maghrib sampai menjelang Isya, sebelum dan sesudah shubuh, dan pada hari libur perkuliahan (Sabtu-Ahad) yang dikontrol oleh pengasuh. Bahkan diantara mahasiswa ada yang membawa al-Qur’an setiap saat, guna menghafalnya setiap ada kesempatan.

Untuk menjaga istiqomah mahasiswa dalam menghafal, Ma’had ‘Aly mengadakan program setoran hafalan 2 kali dalam seminggu. Seluruh mahasiswa wajib menyetorkan hafalannya ke ustadz Nasikh al-Hafizh (imam masjid al-Akbar Surabaya) dan ustadz Masyhuda al-Hafizh (imam masjid al Hikmah Surabaya) setiap hari kamis malam dan sabtu pagi. Ustadz Yiyin Isgandi selaku pengasuh Ma’had ‘Aly yang dibantu 2 asisten pengasuh juga selalu memberikan dorongan dan motivasi berkenaan dengan keutamaan menghafal al-Qur’an. Beliau juga merekap peningkatan hafalan mahasiswa yang tertulis di kasyfu-l-mutaaba’ah al-yaumiyyah (buku catatan hafalan) setiap pekannya.

Salah satu dari sekian fadhilah menghafal al-Qur’an adalah orang yang paling banyak hafalan qur’annya dialah yang paling layak memimpin kaumnya. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,”Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.”

(Adi El-Jihady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *