Written by Humas Al Hikmah   
Thursday, 08 October 2020 10:19

 

Pada bulan September, STKIP Al Hikmah diminta untuk membantu dalam pelaksanaan English Camp 2020 yang diadakan oleh SMPIT Insan Kamil, Sidoarjo. Acara yang diselenggarakan rutin setiap tahun tersebut ditunjukkan untuk seluruh siswa-siswi kelas 7. Dalam kalender pendidikan, bulan September masih terhitung awal semester untuk seluruh lembaga pendidikan formal tingkat SMP. Acara yang berlangsung selama satu bulan tersebut pada awalnya memang dilaksanakan di kampung inggris, pare, akan tetapi karena masih dalam masa pandemi, kegiatan dialihkan menjadi berbasis online. Seluruh siswa yang berjumlah 133 anak dibagi ke dalam 12 kelompok, 6 kelompok putra dan 6 kelompok putri. Masing-masing kelompok mendapatkan 2 tutor: 1 tutor dari mahasiswa STKIP Al Hikmah, dan 1 tutor dari Global English, lembaga pengajaran bahasa Inggris yang bertempat di Pare.



Selama 1 bulan, Pembelajaran Bahasa Inggris dibagi menjadi 3 kelas, yaitu: kelas Grammar, kelas Birkenbihl, dan kelas Speaking. Untuk kelas birkenbihl, diajarkan penuh oleh mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya selama 1 bulan. Sementara Kelas grammar dan kelas Speaking dibagi menjadi 2 bagian: 2 pekan pertama diajarkan oleh tutor dari Global English, sementara 2 pekan terakhir diajarkan oleh mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya. Dengan kata lain, pada 2 pekan terakhir, mahasiswa STKIP Al Hikmah mendampingi penuh pengajaran 3 kelas.

Karena pengajaran dilaksanakan secara daring, para tutor diberikan keleluasaan untuk memilih platform pengajaran yang digunakan, baik menggunakan Google Meet, Zoom, ataupun platform lain yang menunjang pembelajaran dengan tatap muka secara langsung. Pengajarannya sendiri mengikuti modul yang sudah disediakan oleh pihak sekolah untuk para tutor dari STKIP Al Hikmah Surabaya, sementara dari pihak Global English mereka menggunakan modul sendiri.

Setiap akhir pekan, pihak sekolah mengadakan evaluasi untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris para peserta melalui asesmen yang dilaksanakan menggunakan Google Forms. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap hari sabtu tersebut selain bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa, juga diperlukan untuk mengukur tingkat kesuksesan pembelajaran yang dilaksanakan selama 1 pekan terakhir. Dengan kata lain, kegiatan evaluasi ini tidak hanya ditujukan untuk peserta English Camp 2020, tetapi juga para tutor utamanya dari STKIP Al Hikmah Surabaya sebagai bahan evaluasi tentang kemampuan mengajar. Oleh karena itu, kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk siswa saja tetapi juga untuk para mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan mengajar secara daring.

Selain meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta didik baru, English Camp juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada seluruh peserta didik berupa pembiasaan ibadah seperti: Sholat tahajud, tilawah, sholat dhuha, dan sholat berjama’ah, berikut yang disampaikan oleh Ani Qotul Uhbah, S.Pd. selaku kepala sekolah SMPIT Insan Kamil dalam salah satu sambutan beliau. (RGF)


Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;}

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional