Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 06 October 2020 07:13

 

Pandemi bukan penghalang untuk terus bergerak dan berkontribusi. Pada bulan Agustus tahun 2020 lalu, komunitas Laskar Literasi yang dipelopori oleh Pustakawan STKIP Al Hikmah yaitu Rizka Pratiwi terjun ke masyarakat dengan program Laskar Literasi Mengabdi. Program tersebut dilaksanakan untuk menginisiasi terwujudnya Kampung Literasi. Lokasinya berada di Jl. Sawunggaling, Taman, Sidoarjo sehingga diberi nama Kampung Literasi Sawunggaling. Salah satu syarat untuk menjadi kampung literasi adalah memiliki sarana penunjang seperti Rumah Baca atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Akan tetapi Pustakawan STKIP Al Hikmah menghadirkan sesuatu yang berbeda yaitu little free library atau kotak buku kejujuran. Mengapa kotak buku kejujuran? Karena memiliki misi untuk menanamkan kejujuran, disiplin dan rasa tanggungjawab kepada masyarakat. Artinya jika meminjam satu buku maka kembalikan satu buku. Jika menghilangkan satu buku maka ganti dengan buku yang baru yang sama judulnya atau sejenisnya. Program Laskar Literasi Mengabdi ini juga melibatkan partisipasi masyarakat dengan mengadakan Open Donasi. Hasil kegiatannya adalah lebih dari 600 judul buku dan uang tunai senilai Rp. 2.900.000,- telah disalurkan ke Kampung Literasi Sawunggaling.

 

 

Sebagai Kampung Literasi sudah seyogyanya diiringi dengan program-program literasi yang variatif dan sesuai kebutuhan. Pada masa pandemi ini, tim Laskar Literasi memberikan beberapa jenis program kepada masyarakat. (1) Literasi kesehatan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol pencegahan Covid-19 dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (2) Literasi Informasi yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang literasi informasi untuk mencegah terjadinya hoaks di masyarakat khususnya ibu-ibu. Materi yang diberikan adalah kiat-kiat mengenali ciri-ciri berita hoaks, cara menangkalnya, cara melaporkannya dan situs-situs yang kredibel serta dapat dipertanggunggjawabkan. (3) Literasi digital yaitu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan media sosial untuk berwirausaha. Hasilnya terjadi peningkatan pada jumlah pesanan, laba dan omzet. Awal sebelum menggunakan media sosial omzet yang diperoleh hanya Rp.30.000,- per hari, tetapi setelah menggunakan media sosial omzetnya meningkat menajdi Rp. 360.000,- per hari. (4) Literasi Baca Tulis untuk memberikan trauma healing kepada anak-anak akibat pandemi. Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik. Orang tua juga ikut mendampingi anaknya untuk membaca bersama. Materi yang diberikan adalah mendongeng (story telling), membaca nyaring (read a loud) serta membuat literacraft. (5) Literasi Sains yaitu melakukan edukasi kepada masyarakat dengan memberi identitas apada setiap tumbuhan di Kampung Literasi Sawunggaling. Mulai dari nama tumbuhan, nama latin, dan khasiatnya. Dengan adanya program ini masyarakat menjadi lebih mengetahui tentang nama tumbuhan, nama latin, manfaatnya dan juga memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.


 

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional