Written by Humas Al Hikmah   
Monday, 06 July 2020 08:02

 

Memasuki bulan kelima pada masa pandemi, berbagai kreativitas bidang pendidikan bermunculan. Salah satunya adalah seminar. Seminar yang dulu hanya bisa diikuti dengan datang ke lokasi sekarang bisa diikuti dari rumah. Tentu saja ini menghemat biaya transportasi yang biasanya dikeluarkan untuk seminar. Sistem seminar online atau dikenal dengan istilah webinar juga sangat banyak yang di gelar secara gratis dan masih ditambah dengan mendapatkan e-sertifikat. Jika pada kondisi normal seseorang hanya bisa mengikuti satu seminar atau maksimal dua seminar pada hari yang sama, masa pandemi membuat seseorang bisa mengikuti sampai empat seminar bahkan lebih setiap harinya.

 

 

Merebaknya acara webinar tentu saja membawa dampak positif dan beberapa dampak negatif. Positifnya, kita semakin mudah untuk mendapatkan akses belajar tentang hal-hal baru. Hanya perlu duduk di depan laptop, mendengarkan pembicara dan mencatat isi seminarnya. Dampak positif berikutnya, siapapun yang memiliki kompetensi bisa menjadi pembicara pada acara webinar. Tentu saja masih banyak sekali dampak positif lain yang dirasakan seluruh civitas akademik terkait webinar. Sayangnya, dibalik dampak positif tentu saja terdapat dampak negatif. Meskipun pada topik ini dampak positif yang diperoleh lebih banyak. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah mengumpulkan sertifikat-sertifikat webinar tanpa mengikuti seminar dengan baik. Misalkan saja, si A mengikuti 3 webinar pada waktu yang bersamaan. Dari ketiga webinar tersebut, hanya satu webinar yang benar-benar dipahami tetapi si A bisa mendapatkan tiga sertifikat sekaligus. Semoga kita bukan termasuk golongan orang yang seperti itu, amin.

STKIP Al Hikmah Surabaya juga telah menyelenggarakan webinar selama masa pandemi ini. Telah dilaksanakan webinar laskar literasi dengan tema “Mengasah Keterampilan Menulis Menuju Kenormalan Baru” dengan pembicara dua dosen STKIP Al Hikmah Surabaya. Selain itu, tim pramuka STKIP Al Hikmah juga mengadakan webinar yang telah diikuti oleh sekitar 100 orang.

Pembicara pada webinar tidak hanya para dosen tetapi juga mahasiswa. Mahasiswa mulai dilatih untuk mengadakan webinar dan menyampaikan ilmu yang sudah didapatkan. Seperti yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa Pendidikan bahasa Inggris yang mengadakan webinar sekaligus sebagai project UAS genap tahun akademik 2019/2020. Selain itu, ada beberapa mahasiswa yang inisiatif mengadakan webinar terkait penggunaan Schoology sebagai solusi untuk pembelajaran daring. Webinar yang diadakan oleh dua mahasiswa PGSD tersebut diikuti oleh sekitar 900 peserta. Semoga usaha-usaha dalam upaya menambah ilmu selalu dimudahkan oleh Allah SWT. Amin... (naj)

 

 

Webinar laskar literasi webinar pramuka

 

 

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional