Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 12 May 2020 10:36

 

Pandemi Covid-19 yang merebak hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia memaksa merubah sistematika seluruh kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan perkuliahan. Jika pada hari biasa dosen dan mahasiswa bertatap muka dalam seluruh kegiatan, sekarang harus tersekat jarak dan bertatap muka melalui dunia maya. Kejadian yang serba tiba-tiba mendorong seluruh lapisan civitas akademik untuk bisa beradaptasi dengan keadaan. Tentunya tanpa menghilangkan esensi kegiatan.

Salah satu kegiatan rutin STKIP Al Hikmah Surabaya yang juga terkena dampak pandemi adalah kegiatan keguruan hari senin. Apel pagi yang biasa dilakukan di lapangan STKIP Al Hikmah Surabaya, mulai dilakukan rutin melalui aplikasi whatsapp. Pengerjaan soal dan pembahasan yang setiap senin dilakukan di dalam kelas, kini dilakukan melalui aplikasi Schoology. Tak terkecuali kegiatan kuliah umum yang biasa di lakukan di ruang Arofah, senin tanggal 11 Mei 2020 dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan live streaming melalui Facebook.

 

Kegiatan kuliah umum pada 11 Mei 2020 yang  dipandu oleh Ust. Wido dengan tema Belajar dari Covid-19 diikuti oleh seluruh mahasiswa dan sudah di putar ulang lebih dari 1000 orang. Kuliah umum dimulai dengan tausiyah oleh Ust. Aji dan dilanjutkan sambutan oleh ketua STKIP Al Hikmah Surabaya, Ust. Zahri. Beliau berpesan agar mahasiswa tuntas dalam mengurus diri sendiri dan keluarga sehingga ketika menjadi guru bisa berdakwah dengan maksimal. Pembicara pertama pada kuliah umum diisi oleh Ust. Zain selaku Wakil Ketua I yang tak hentinya mengingatkan kepada kita untuk senantiasa memperbaiki kualitas diri terutama pada kegiatan pembelajaran daring. Kemudian Ust. Heri selaku wakil ketua II yang juga menjadi pembicara kedua menyampaikan tentang ciri pribadi muslim. Sesi kedua pada kuliah umum berganti mahasiswa yang harus aktif pada diskusi. Ada lima topik yang diberikan, diantaranya keterampilan yang harus dikuasai guru terkait digital literacy dalam menghadapi era VUCA.

Semoga pandemi segera berakhir dan aktivitas bisa kembali normal.

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional