Written by Humas Al Hikmah   
Saturday, 21 September 2019 11:46

Kontingen yang terdiri dari 25 mahasiswa dari STKIP Al Hikmah mengikuti Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2019 di Pulau Karamian, Sumenep, Jawa Timur, 5-18 September 2019.  Program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini dihelat oleh Kemenko Kemaritiman.

Pulau Karamian adalah sebuah pulau kecil di utara Pulau Madura dan lebih dekat dengan Pulau Kalimantan. Namun, secara administratif, Pulau Karamian masih termasuk dalam Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Untuk menuju ke pulau berpenduduk 1 desa tersebut, dibutuhkan waktu 1,5 hari perjalanan dengan kapal kecil.

 

Ada 7 SD/MI, 1 MTs, dan 1 SMA di Pulau Karamian. Bahkan, SD Karamian 1 hanya memiliki 15 siswa, terdiri dari 9 orang Kelas VI, dan 6 sisanya yaitu Kelas II hingga V, tidak ada siswa Kelas I. Karena jumlahnya yang sedikit, maka kegiatan pembelajarannya digabung menjadi satu kelas. Di SD Karamian 3 juga demikian, siswa belajar lintas kelas, Kelas III & IV digabung menjadi satu kelas. Begitu minimnya guru di pulau yang termasuk dalam Kecamatan Masalembu ini.

Hanya ada 1 MTs & 1 SMA di Pulau Karamian, kedua sekolah ini milik yayasan yg sama, DDI Air Hidup. Karena hanya satu sekolah, siswanya cukup banyak, sekitar 30 orang per kelas, tetapi hanya ada 1 rombel di setiap tingkatnya. MTs DDI Air Hidup sudah lebih lama berdiri dari pada SMA. Gurunya cukup dan bangunannya lebih baik dari pada SMA. Para mahasiswa kontingen STKIP Al Hikmah selama dua pekan mengajar di sekolah-sekolah tersebut. Mereka mengajar di kelas, melatih pramuka, dan pasukan pengibar bendera untuk Upacara 17 Agustus di Kecamatan.

Selain mengajar, mahasiswa ENJ 2019 dari STKIP Al Hikmah juga membersihkan lingkungan sekitar, bersih pantai serta bekam dan pelatiahan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Pada saat Hari Raya Idul Adha, Khoironi, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris '2016 menjadi khotib Idul Adha (11/8). Mahasiswa juga membantu proses pembagian hewan kurban.

"Di sini, setiap lebaran ada makan-makan, di setiap rumah pasti menyediakan, waktu takbiran sudah ada, dan puncaknya setelah Sholat Ied. Hari ini kami sudah berkunjung ke empat rumah, makan semua, kenyang. Hehe." Kekeh Riyanto, satu-satunya mahasiswa PGSD yang ikut dalam rombongan program ini.

Pada Hari Pramuka (14/8) dan Hari Kemerdekaan (17/8), mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti upacara api unggun, upacara 17 Agustus di Kecamatan, serta menjadi panitia berbagai lomba. Lomba memasukkan paku dalam botol diikuti oleh anak-anak, lomba tarik tambang ibu-ibu, dan sebagainya. Lomba diselenggarakan sampai hari Minggu (18/8) tetapi Sabtu siang para mahasiswa sudah harus kembali ke kampus. Pengalaman yang sungguh berharga.

"Mahasiswa kok tidak merokok dan sangat disiplin," kesan Pak Askar, tokoh masyarakat sekaligus Kepala Sekolah MI DDI Air Hidup di Pulau Karamian. Bapak Askar terkesan dengan mahasiswa STKIP Al Hikmah. Pada 1 September 2019 lalu, Bapak Askar berkunjung ke STKIP Al Hikmah Surabaya karena ingin melihat langsung proses pendidikan di kampus para Guru Pejuang Abad 21 ini. (Ril)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional