Written by Humas Al Hikmah   
Monday, 22 July 2019 08:33

 

Mata Kuliah Keterampilan Abad 21 (MK K21) telah berhasil mendorong mahasiswa angkatan 2014 melakukan interaksi edukatif di sekolah-sekolah berkualitas di luar negeri. Target yang semula hanya ASEAN meluas hingga Jepang. Terhitung 7 negara (Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Thailand, Filipina, Hongkong, dan Jepang) yang telah dikunjungi oleh 22 mahasiswa angkatan pertama STKIP Al Hikmah ini.

 

Semakin inovatif, MK K21 yang diampu oleh Ketua STKIP Al Hikmah, Ustaz Mohammad Zahri, M. Pd. tahun ini menargetkan jangkauan yang lebih luas lagi, Eropa. Target ini langsung dijabani oleh tim Umar Said Fathan, Jundullah, Hasanuddin, dan Muhammad Ravli Ariansyah, ketiganya dari Pendidikan Bahasa Inggris, serta Hasanuddin dari Pendidikan Matematika yang melaksanakan “International Internship” ini ke Turki. Selain jangkauan, inovasi angkatan kedua ini adalah diwajibkannya kegiatan mengajar di sekolah-sekolah yang dikunjungi.

 

Umar dan Jun berangkat terlebih dahulu pada tanggal 26 Mei 2019. Tujuan pertama mereka adalah Kocaeli Gunes Okulari, sekolah swasta dari TK, SD, hingga SMP di Kocaeli, Turki. Mereka tiba di sekolah ini pada 29 Mei 2019. Kedua mahasiswa ini melakukan observasi dan mengajar di SD selama dua hari. Kepala sekolah, Ridvan Calisir, mengungkapkan terima kasih dan menginginkan agar kedua mahasiswa kami mengajar lebih lama di sana karena waktu itu hampir masa liburan.

Ravli dan Hasan menyusul Umar dan Jun pada tanggal 30 Mei 2019. Mereka berempat mengunjungi sekolah para hafidz, Sulaimaniyah Kuran Kursu, Turki. Mereka hanya observasi karena sekolah sedang libur meski masih ada beberapa siswa yang ada di asrama. Siswa di sekolah ini merupakan orang-orang pilihanm para penghafal Alquran 30 juz yang berasal dari seluruh dunia. Beranjak dari Sulaimaniyah Kuran Kursu, Ravli dan Hasan melanjutkan interaksi edukatif ke Sehit Yilmaz Ercan Kin Anadolu Imam Hatip Lisesi, Turki. Selama dua hari (10-11 Juni 2019), mereka melakukan observasi pembelajaran, wawancara dengan kepala sekolah dan guru, serta mengajar secara tim dengan guru kelas. Hasan mengajar Matematika sedangkan Ravli mengajar Bahasa Inggris. Mereka juga memperkenalkan perguruan tinggi di Indonesia, termasuk STKIP Al Hikmah.

Sekolah terakhir yang dikunjungi Ravli dan Hasan yaitu Bilge Insan Academy, Turki. Bahasa yang digunakan di sekolah ini adalah Bahasa Arab. Di sekolah ini, Ravli dan Hasan juga melakukan observasi pembelajaran. “Kami tidak mengajar di kelas karena kami dianggap sebagai tamu dan sebaiknya disambut, bukan mengajar. Namun, kami ingin berbagi ilmu sehingga kami mengadakan Study Club di malam hari, mulai pukul 21.00 karena sekolahnya berasrama. Ravli mengajar Bahasa Inggris dan Hasan mengajar Nahwu dan Sharaf. Alhamdulillah mereka senang,” ungkap Ravli. (Ril)

 

 


 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional