Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 09 April 2019 15:32

Kegiatan debat menjadi salah satu praktik keterampilan berbahasa yang dibutuhkan guna menyuarakan pandangan dan pengetahuan terkait keilmuan dan wawasan global. Maraknya informasi dari berbagai sumber menuntut generasi milenial kontributif dalam memberikan pandangan yang logis sesuai dengan konsep kekinian. Kegiatan debat juga merupakan sarana untuk berpikir kritis dan melatih kemampuan analitis dalam memecahkan permasalahan.

Sabtu (6/4) hingga Minggu (7/4) empat orang mahasiswa PBI STKIP Al Hikmah tampil dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang dilaksanakan di Universitas Abdurrahman Saleh Situbondo. Empat orang tersebut antara lain Achmad Dandy, M. Hanif Hananto, M. Afif Maulana, dan M. Hamdan Yuwafi yang semuanya merupakan mahasiswa PBI angkatan 2017. Hari pertama kompetisi, tim STKIP Al Hikmah unggul bersaing memperebutkan posisi terbaik di babak penyisihan 1 hingga babak penyisihan 3. Dari 15 tim yan g berkompetisi, tim STKIP Al Hikmah lolos ke perempat final bersama 7 tim terbaik lainnya. Hari kedua berjalan dengan penuh ketegangan terlebih lagi ketika tim STKIP Al Hikmah memperebutkan juara di babak final melawan tim Universitas Ciputra Malang. Perdebatan terjadi diantara para juri dalam menentukan juara karena semua tim tampil dengan argumen terbaik.

Akhirnya, setelah melalui perdebatan panjang antarjuri, tim STKIP Al Hikmah meraih juara kedua dalam KDMI Tingkat Rayon I Wilayah VII Jawa Timur.

“Kami mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu dari kompetisi ini. Bagi kami, kompetisi debat merupakan sarana belajar dalam menyampaikan pandangan secara analitis dan logis,” Ungkap M. Afif Maulana.

Kompetisi debat yang mengasah keterampilan beretorika dan seni meyakinkan publik menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa dalam berdebat. Dengan kerja keras dan semangat menjadi juara, tim debat STKIP Al Hikmah siap melaju pada KDMI tingkat wilayah akhir April bulan ini. (Ay)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional