Written by Humas Al Hikmah   
Thursday, 31 January 2019 15:35

 

Raja Ampat – Selasa (29/01/2019) dua mahasiswa STKIP Al Hikmah telah kembali ke Surabaya setelah mengikuti program pengabdian di Raja Ampat, Papua, lebih tepatnya di Desa Warengkris Kabupaten Waisai. Mereka adalah Mohammad Ilham Dzikrullah (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris 2017) dan Oni Prasetyo (Mahasiswa PGSD 2017). Mereka dapat mengikuti program pengabdian ini setelah mengikuti seleksi dari YouCan Indonesia yang berpusat di Yogyakarta. Bersama para pemuda-pemuda lain dari berbagai daerah di Indonesia bersama-sama untuk melakukan misi sosial di daerah timut Indonesia ini.

 

Kegiatan yang mereka lakukan adalah diantaranya menyentuh bidang kesehatan, budaya, dan juga pendidikan. Kedua mahasiswa ini berada pada divisi pendidikan. Walaupun begitu mereka pun terjun dalam berbagai sektor. “Warga menyambut kami dengan hangat dan penuh harap. Bahkan saat kami datang, semua warga berkumpul termasuk Bapak Ketua Adat, Bapak RT, serta kepala keluarga didampingi istri dan anak-anaknya. Mereka telah menganggap kami para volunteers seperti keluarga.” Ungkap Dzikrullah.

Salah satu hal yang menyentuh ketika mereka berinteraksi dengan anak-anak SD disana adalah Penanaman Kebiasaan Baik. Mereka mengajak anak-anak Waisai ini untuk Sikat Gigi. “Sa su sikat Gigi Pak Guru” celetuk salah satu siswa kepada mereka agar siswa tersebut diangkat oleh gurunya. “Rupanya memang pendidikan tidak hanya melulu tentang tingginya nilai UN, namun pendidikan lebih kepada mendidik manusia yang terhormat, mendidik manusia agar terdidik dan menjadi manusia berpendidikan. Manusia yang berkarakter dan mempunyai adab dan kebiasaan-kebiasaan yang baik.” Jelas Ustazah Lina selaku Kaprodi PGSD saat menanggapi oleh-oleh cerita dari Dzikrullah dan Oni. (wij)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional