Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 18 December 2018 14:51

Surabaya – Minggu (15/12) mahasiswa Angkatan 2015 dan Pengurus Dewan Racana Al Hikmah Surabaya mengikuti Seminar Quantum Life Transformation di Kampus STKIP Al Hikmah Surabaya. Seminar yang mengangkat tema “Sukses dengan Kekuatan Pikiran” ini diisi oleh Mas’ul Hadi, S.Psi., CHt., CT., seorang trainer yang telah tersertifikasi dan banyak mengisi acara seminar di berbagai tempat.

Seminar yang berdurasi 2,5 jam ini membahas mengenai cara mengatur pola pikir seseorang yang akan berpengaruh terhadap pikiran bawah sadarnya dan memunculkan mental block. Sebagai contoh, orang tua yang melarang anak kecil untuk menaiki tangga karena khawatir anaknya jatuh akan berpengaruh terhadap perilakunya menghadapi ketinggian. Beliau mengatakan, “Seharusnya orang tua harus berhati-hati dalam berkata kepada anaknya, apalagi saat marah. Karena, itu akan mempengaruhi pikiran bawah sadarnya dan akhirnya menjadi mental block bagi anak.”

Beliau menambahkan bahwa kesukesan seseorang bisa direncanakan dengan menulis daftar impian, fokus mewujudkannya satu per satu, berpikir positif, dan pasrahkan kepada Allah SWT. karena peta kesukesan itu sesuatu yang direncakan dengan penuh kesadaran dan atas Ridho Allah SWT. Sesuai dengan Hadits Qudsi, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675]

Kegiatan seminar berjalan dengan lancar dengan penyampaian yang menarik dan peserta sangat antusias. Kesan dari peserta, “Seminarnya sangat mengesankan, namun tidak ada tanya jawab. Ditambah kurang lama waktunya.” kata Umar, salah satu Peserta Seminar Quantum Life Transformation. Ilmu semacam ini tentu sangat dibutuhkan oleh orang tua atau bahkan calon guru agar ke depannya dapat membimbing siswa dengan cara-cara yang sesuai dengan perkembangan psikologisnya. (toy-wij)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional