Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 18 December 2018 08:57

Jakarta - Empat mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terpilih menjadi peserta dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tanggal 5 - 9 Desember 2018 di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan City, Jakarta Pusat. Mereka adalah Ahmat Rondi Toyib, Muhammad Hasan Affandi, Jundullah Faris Mu’tashim, M. Ichwan Arif. Kongres Kebudayaan ini diselenggarakan untuk merumuskan Strategi Kebudayaan yang akan diusulkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Acara yang diselenggarakan terdiri dari acara bersama, seperti Loka Karya, Pidato Kebudayaan, Kuliah Publik, dan Perumusan Strategi Kebudayaan dan acara pameran terdiri dari Bazaar Kuliner, Demo Masak, Pameran Suara Suara Bahasa, dan masih banyak lagi yang dilaksanakan di Kompleks Gedung Kemendikbud.

Semua rangkaian acara dalam KKI 2018 terbuka dan bebas diikuti oleh masyarakat umum. Peserta juga boleh mendaftar di tempat dan bebas memilih acara yang diinginkan. Beberapa poin penting yang dapat diambil dari KKI 2018 ini adalah cara mengedukasi musisi jalanan (pengamen) dengan didirikannya Institut Musik Jalanan (IMJ), pelestarian budaya dan konservasi alam, keunikan makna yang terkandung dalam sastra Bugis ditinjau dari ruang dan waktu, perlunya perhatian pemerintah terhadap budaya yang dipertahankan oleh masyarakat, mimpi Jatiwangi untuk menjadikan genteng sebagai pembangun peradaban dan masih banyak lagi.

Kesan dari Toyib, salah satu dari peserta KKI 2018, “Awalnya kami ragu untuk berangkat, kereta terakhir berangkat pukul 21.00, kami baru beli tiket pukul 19.30, dan baru berangkat dari kampus pukul 20.20. Sempat pesimis kalau udah beli tiket, tapi nggak jadi berangkat. Dan hampir saja kita terlambat. Bismillah. Kami akhirnya berangkat ke Jakarta. Bi idznillah. Saya juga ketemu Ibu Sisca Soewitomo, seorang pesohor boga yang biasanya cuma lihat di TV akhirnya bisa bertemu beliau langsung, apalagi beliau aslinya Surabaya.” kata mahasiswa dari Blora itu. (toy)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional