Written by Humas Al Hikmah   
Thursday, 22 November 2018 13:29

Surabaya – Selasa (20/11) bertepatan dengan Peringatan Hari Besar Islam yaitu Maulid Nabi, STKIP Al Hikmah menyelenggarakan acara Champion (Character and Motoric Competition) untuk siswa SD se-Jawa Timur. Champion sendiri dibagi dalam dua kategori lomba, yaitu Castle (Character Story telling) atau Lomba Mendongeng dan Motion (Motoric Traditional Competition) atau Lomba Estafet Permainan Tradisional.

 

Castle kali ini bertemakan dengan nilai-nilai keteladanan dalam cerita nusantara. Juri dari lomba ini adalah Ustazah Kiki dari Prodi PGSD, Ustazah Ayu dan Ustaz Rian dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. “Seluruh siswa yang tampil dalam dongeng ini sangat bagus-bagus. Semua memiliki talenta yang luar biasa, namun memang hanya diambil 5 juara” tukas Ustazah Kiki saat selesai menjuri. Peserta sangat antusias dan all out dalam menunjukkan kemampuannya, mulai dari kostum hingga properti yang dipakai sangat beragam dan terlihat sangat siap.

Lomba kedua yaitu motion. Motion sendiri terdiri dari berebagai permaianan tradisional diantaranya yaitu Egrang, Balap Karung, Bakiak Brekelompok, Sonda atau Engkle Pesawat dan Engkle Gunungan, Ketapel, dan terakhir menyusun puzzle. Walaupun banyak yang belum bisa dengan lancar menggunakan alat-alat permaianan tradisional terutama egrang dan ketapel, namun siswa tetap antusias dan sangat bekerja keras untuk bisa latihan saat sebelum acara dimulai dengna bimbingan dari mahasiswa yang menjadi panitia.

Acara yang dimotori oleh prodi PGSD dan diikuti oleh hampir 300 siswa SD dari berbagai sekolah di Jawa Timur ini juga didukung oleh 17 perusahaan-perusahaan atau UMKM, diantaranya yaitu Susumoo Surabaya, Karita, Kreasi katun, Tupperware, Wardah, Cheers, Kebab Inggit, dll. “Champion ini adalah Acara Besar Tahunan yang dipilih PGSD dalam kiprahnya untuk Anak SD, karena Anak Usia SD adalah fase dimana menumbuhkan dan mengembangkan karakter dan juga mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan motoriknya. Menjadi Guru SD Peneladan Karakter dan Pakar Perkembangan Anak adalah Visi dari Prodi PGSD STKIP Al Hikmah yang saat ini sedang mengembangkan Character & Motoric Center.” Jelas Ustazah Lina selaku Ketua Prodi PGSD STKIP Al Hikmah. (wij)


 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional