Written by Humas Al Hikmah   
Friday, 16 November 2018 08:00

Surabaya - Sabtu (10/11/2018) Program studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya menyelenggarakan sebuah kuliah umum yang bertempat di ruangan Arofah. Pemateri di datangkan langsung dari Pendidikan Fisika Universitas Malang yang biasa kita sebut UM, beliau adalah Ustaz Muhammad Reyza Arief Taqwa, M.Pd. Sepanjang kuliah berlangsung, pemateri ditemani langsung oleh moderator yaitu Ustaz Hari Anggit Cahyo W, S.Pd, M.PFis selaku dosen Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. Kegiatan berlangsung kurang lebih ialah dari jam 08.00 sampai 11.00 atau sekitar 3 jam. Kuliah umum tersebut tidak hanya diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, melainkan juga mahasiswa dari prodi yang lain.

 

 

Materi demi materi yang dibawakan dosen UM itu sangat memberikan keantusiasan tinggi kepada peserta yang diusung kurang lebih 60 mahasiswa dari semua prodi angkatan 2018 STKIP Al Hikmah Surabaya. Bahkan, dari tema yang dibawakan saja sudah membuat beberapa peserta penasaran akan materi yang dibawakan. Pemateri sempat heran beberapa saat dengan keantusiasan yang dibawa mahasiswa STKIP Al Hikmah. Dengan banyaknya acungan tangan saat rasa penasaran tersalurkan melalui pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran mekanika untuk membangun struktur pengetahuan "Body of Knowledge" yang koheren.

Di tengah-tengah diskusi yang berlangsung, pemateri menyisipkan pesan-pesan kepada para peserta. "Perbedaan pengemis dan orang kaya adalah pengemis itu meminta-minta, sedangkan orang kaya berusaha mencari uang. Jadilah orang kaya dalam hal ilmu. Orang yang mencari ilmu akan mendapatkan ilmu lebih banyak daripada hanya meminta-minta ilmu (menunggu diberi)", pesan pemateri kepada seluruh peserta. Salah satu peserta menyampaikan harapannya agar acara kuliah tamu seperti ini lebih sering diagendakan untuk mengupgrade kapasitas keilmuan mahasiswa terutama dalam penguasaan materi fisika. Terakhir, Ustadz Faiz Hasyim, M.Pd. selaku kaprodi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah berharap agar kuliah umum perdana ini dapat memicu semangat belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika

Sepanjang kuliah tentu berjalan dengan khitmat dan antusias tentunya. Mulai dari mencatat, menjawab, mendiskusikan sampai pemecahan suatu masalah terlewati seiring waktu yang ada. Di pengujung acara, akhirnya Ustaz Anggit mengambil suatu hal menarik dari pemateri "Guru harus mampu mengetahui bekal pengetahuan yang dimiliki siswa, untuk diluruskan atau ditambahkan". Dari secuil kutipan kata tersebut Ustaz Anggit juga menyempurnakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai islam didalamnya "Guru harus mengetahui profil aqidah, akhlak dan syariat anak didiknya untuk diluruskan, diperbaiki dan ditambah" ungkap beliau di akhir acara. (wil - tim)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional