Written by Humas Al Hikmah   
Friday, 02 November 2018 15:04

Jakarta – Pada tanggal 28-31 Oktober 2018 dua mahasiswa (Muh Afif Maulanadan Muh Iqbal) dan dua dosen (Ustaz Henry dan Ustaaz Wido) diundang khusus menghadiri Kongres  Bahasa Indonesia XI di Istana Wakil Presiden RI dan Hotel Grand Sahid Jakarta. Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara. Turut hadir pula, Mendikbud Muhadjir Effendi, Mensegneg Praktikno, Kepala Badan Pembinaan Bahasa Dedeng Sunendar dan Mendikbud periode 1993-1998. Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannyaberpesan, bahasa Indonesia segera diusulkan ke PBB menjadi bahasa Internasional tahun 2045. Selanjutnya, pelestarian dan penjagaan bahasa daerah mulai diperhatikan karena banyak bahasa daerah punah dan tidak terawat.

Pada saat di Istana Wakil Presiden dua mahasiswa berdiskusi langsung dengan Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. tentang arah pendidikan bahasa Indonesia di masa depan. Diskusi tersebut dilakukan saat jamuan kudapan di Istana Wakil Presiden. Setibanyadi  Hotel Grand Sahid, peserta Kongres dan Pemakalah mendengar gelar wicara yang disampaikan pakar kelimuan, salah satunya Prof. dr. Dadang Sunendar, M.Hum selaku Kepala Badan dan Pembinaan Bahasa. Turut dilengkapi pemaparan menarik dari Ahmad Tohari selaku tokoh sastrawan, Ivan Laninselaku pegiat wikipedia dan pencinta bahasa Indonesia, Najwa Shihab sebagai tokoh duta baca Indonesia, ketua beserta anggota Komisi X DPR RI, dan perwakilan  KBRI dari berbagai negara yang turut serta memberikan materi tentang kondisi bahasa Indonesia di luar negeri.

Dua mahasiswa sangat aktif dan antusias dalam kongres tersebut, baik itu saat diskusi panel maupun forum besar. Tidak lupa pula, mereka mengokohkan jaringan dengan pakar dan peneliti dari berbagai perwakilan balai bahasa di Indonesia. Semoga Kongres Bahasa Indonesia XI memacu semangat mereka menjadi guru nasionalis dan guru pejuang di zaman Milenial. (jat)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional