Written by Humas Al Hikmah   
Friday, 14 September 2018 09:42

Surabaya – Jumat (14/09/2018), mahasiswa angkatan 2018 yang berjumlah 45 orang dan dengan didampingi oleh 5 mahasiswa angkatan 2017 per masing-masing prodi berangkat menuju Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kegiatan audiensi bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Syaiful Rachman, M.M., M.Pd. Selain didampingi oleh Ketua STKIP Al Hikmah dan delapan dosen, karyawan, serta pengasuh, kegiatan ini menjadi lebih bermakna lagi dengan pendampingan dari Ustaz Ir. Syakib Abdullah selaku ketua BP-PTS STKIP Al Hikmah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Guru yang sedang dibentuk STKIP Al Hikmah ini adalah guru yang berakhalak mulia, nasionalis, kompetitif di kancah global, serta guru yang pembelajar”, jelas beliau yang mengundang decak kagum seluruh peserta audiensi.

 

Acara yang bertempat di Aula Sabha Nugraha Dinprov Jatim ini dimulai dari pukul 08.00 hingga 10.00.  Dalam rangkaian acara tersebut, Dr. Syaiful Rachman, MM., M.Pd. menyampaikan beberapa hal terkait kompetensi guru. “Guru harus menguasai Psikologi Perkembangan dengan baik, agar mampu mendidik sesuai dengan perkembangannya. Selain itu juga guru harus mampu mendidik anak-anak di Era Digital, namun jangan dilepas karakternya.” Hal ini tentu sangat kompatible dengan apa yang sedang dikembangkan di STKIP Al Hikmah. Mahasiswa diajarkan untuk dapat menguasai keterampilan abad 21 untuk menghadapi era digital dengan tidak melupakan karakter dan budaya bangsa, diantaranya yaitu dengan DIJuSTaPe (Disiplin, Ibadah, Jujur, Smart, Tangguh, Peduli).

Selain itu, Kepala Dinprov Jatim juga menawarkan kepada STKIP Al Hikmah untuk dapat melakukan Praktik Mengajar di SEKOLAH TARUNA milik dinas pendidikan Provinsi Jatim yang tersebar di Malang, Madiun, dan Banyuwangi. Diantara sekolahnya yaitu SMA Taruna Nala, dan SMA 3 Angkasa. Jika STKIP Al Hikmah membentuk guru mnejadi Guru Pejuang bukan Guru Pekerja, maka sejalur dengan tersebut dalam acara ini Kepala Dinprov Jatim mengajak STKIP Al Hikmah menjadi Guru Petarung dalam Pendidikan. (wij)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional