Written by Humas Al Hikmah   
Friday, 14 September 2018 07:56

 

SURABAYA - Dalam menyelesaikan tugas UAS mata kuliah Kepribadian Guru di Semester 6, mahasiswa STKIP Al Hikmah angkatan 2015 menyelenggarakan Seminar Pendidikan pada Sabtu (1/9). Mengangkat tema Mission Ini Possible-Revolusi Pendidikan (Menyiapkan Pendidik Berkepribadian ala Rosulullah), hadir sebagai pemateri dalam seminar ini adalah Ustaz Ir. Misbahul Huda, MBA selaku pendiri Rumah Kepemimpinan Indonesia. Namun, sebelumnya ditampilkan pula sosok calon guru-guru inspiratif dari STKIP Al Hikmah.

 

Setelah dibuka dengan MC tiga bahasa, Indonesia, Inggris, dan Arab (seperti bahasa yang diajarkan di STKIP Al Hikmah), lantunan hapalan ayat suci Al Qur'an, serta sambutan ketua panitia dan Ketua STKIP Al Hikmah, seminar diawali dengan talkshow Bingkai Satria, sebagai moderator yaitu Juliadi Satriawan dari prodi Bahasa Inggris STKIP Al Hikmah, dan narasumber yaitu M. Hasan Affandi, M. Zain Nuri, Setyo Riyadi, Rohmad Wulyono yang semuanya adalah Mahasiswa STKIP Al Hikmah angkatan 2015. Keempat narasumber menginspirasi peserta seminar dengan kisah masing-masing dan ternyata keempatnya memilih guru sebagai cita-cita mereka melalui pendidikan di STKIP Al Hikmah. Kini keempat mahasiswa tersebut telah hapal lebih dari 5 juz Al Quran dan mengalami perubahan signifikan terhadap pandangan dan pola hidupnya yang menjadi lebih disiplin, jujur, smart, tangguh, dan peduli.

Seminar ini dihadiri oleh lebih dari 150 mahasiswa, guru, dosen, masyarakat. Dalam seminar ini hadir pula Lurah Kebonsari yaitu Bapak Indra yang menyampaikan "Acara seperti ini harus sering diadakan agar para pendidik lebih mengetahui tentang perkembangan zaman di era 4.0 ini". Materi yang disampaikan oleh Ustaz Misbah, begitu panggilannya, juga membahas perkembangan zaman di era 4.0 yang banyak melibatkan teknologi di segala aktivitas manusia terutama para peserta didik. Namun, Ustaz Misbah memiliki konsep yang lebih penting lagi yaitu “Move on 5.0, yaitu state of mind, vision, passion, action, collaboration.” Kelima hal tersebut hendaknya dimiliki seorang guru. Keyakinan disertai visi yang kuat dapat mengantarkan kita menuju sukses. Menjadi guru bukanlah perkara pintar mengerjakan soal tes, tetapi selesai dengan dirinya sendiri, mandiri. Sosok guru yang telah mandiri sejak usia 12 tahun yang patut diteladani yakni Rosulullah Saw. Acara ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenang kepada Ir. Misbahul Huda, MBA yang disampaikan oleh Ustaz Mohammad Zahri, M. Pd. selaku Ketua STKIP Al Hikmah yang sekaligus menjadi dosen pengampu mata kuliah Kepribadian Guru ini. (riz)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional