Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 07 August 2018 08:29

Surabaya - Dosen PGSD STKIP Al Hikmah, Ustazah Rizky Kusuma Wardani, M.Pd. atau yang biasa dipanggil dengan Ustazah Kiki mengikuti bimbingan teknis tutor pendidikan khusus yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan tinggi bagi semua mahasiswa termasuk mahasiswa disabilitas. Kegiatan yang berlangsung 2 hari tersebut (31/7 - 1/8) dihadiri oleh 72 dosen dari perguruan tinggi negeri dan swata di bawah naungan Koordinasi Kopertis VII (Jawa Timur) yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Universitas Negeri Surabaya, Kampus UNESA Jl. Lidah wetan.

Tujuan dari diadakannya bimbingan teknis tutor pendidikan khusus ini adalah untuk  mensosialisasikan Kebijakan Belmawa tentang program pendidikan khusus/pendidikan inklusif di Perguruan Tinggi. Mendorong PT dapat mengembangkan sistem dan program layanan khusus bagi mahasiswa disabilitas melalui pembentukan unit layanan mahasiswa disabilitas di PT. Meningkatkan kompetensi dosen dalam pemberian layanan pembelajaran terhadap mahasiswa disabilitas sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal meskipun dengan keterbatasan yang dialami.

Dalam acara tersebut, menghadirkan Nurul, seorang mahasiswa disabilitas dengan didampingi oleh pihak PSLD (Pusat Studi Layanan Disabilitas) Unesa membuat peserta antusias dengan mendengarkan kisahnya hingga berakhir ke Perguruan Tinggi. Selain itu, narasumber yang dihadirkan merupakan sosok yang kompeten di bidang Pendidikan Khusus. Nur Azizah, Ph.D dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai pemateri Falsafah Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi dan Praktik Layanan Tunadaksa; Dr. Budiyanto, M.Pd dari Universitas Negeri Surabaya memberikan materi Pemahaman Disabilitas dan Praktik Layanan Tunarungu; serta materi Pelayanan Mahasiswa Tunanetra dan Praktik Layanan Tunanetra dibawakan oleh Dr. Subagyo, M.Si. dari Univeristas Negeri Semarang. Bahkan di hari kedua, Rabu, (1/8) peserta Bimtek diajak mengunjungi Unit Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (ULABK) Universitas Negeri Surabaya. Peserta melihat secara langsung bagaimana para trainer melakukan pelayanan kepada para anak berkebutuhan khusus. Kegiatan tersebut menambah pengalaman yang memoryable bagi para peserta pelatihan bimtek.

Diharapkan dengan adanya pelatihan Dosen dapat membantu mahasiswa disabilitas di PT serta dimaksudkan sebagai upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan tinggi bagi semua mahasiswa termasuk mahasiswa. "Saya semakin yakin dengan adanya kegiatan ini, PGSD Al Hikmah akan semakin mantap dalam mendidik calon guru SD yang siap melaksanakan pendidikan Inklusi nantinya", tukas Ustazah Kiki mengakhiri penjelasannya saat diwawancara. (war)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional