Written by Humas Al Hikmah   
Monday, 06 August 2018 08:56

 

Surabaya – Empat mahasiswa (Umar, Toyib, Ibnu, dan Rohmad) anggota Racana Al Hikmah mengikuti Pelatihan Gudep Ramah Lingkungan 2018 yang diselenggarakan olehKwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur pada 27-29 Juli 2018. Bertempat di Kantor Kwarda Jatim, Jalan Kertajaya Indah No. 77A, kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta yang merupakan pembina dari masing-masing gugus depan di Jawa Timur serta peserta tamu dari Negara Kanada, Tunisia, Romania, Jerman, Kamboja, dan Malaysia.

 

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Presiden Tunas Hijau, Kak Mochamad Zamroni yang sekaligus menjabat sebagai Andalan Ramah Lingkungan Kwarda Jatim. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam pelatihan ini diantaranya, penyampaian materi permasalahan lingkungan hidup sekitar dan global; pengolahan sampah organic dan non-organik; pengelolaan gudep ramah lingkungan, pilot project, dan hemat energi.

Selain itu, seluruh peserta kegiatan juga mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan ecobrick bersama anggota gudep SMPN 6 Surabaya, pelatihan pembuatan biopori bersama SMPN 11 Surabaya, pembuatan pupuk cair dan bahan kompos, pelatihan daur ulang kertas bekas, tanam pohon di Taman Harmoni, eks-TPU Keputih Surabaya, pelatihan eco-journalist oleh Redaktur Jawa Pos, Kak Endrayani Dewi, dan kunjungan ke Newsroom Jawa Pos Graha Pena untuk melihat pengolahan berita sampai menjadi Koran siap terbit.

Disela-sela pelatihan, para peserta diberikan tantangan untuk membuat solusi mengatasi permasalahan lingkungan yang ada di gugus depan dan mengunggah foto rangkaian kegiatan di akunInstagram. Sebagai penutup, Kak Mochamad Zamroni berencana untuk mengadakan lomba gudep ramah lingkungan sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini. (toy)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional