Written by Humas Al Hikmah   
Thursday, 02 August 2018 08:56

 

Surabaya – Sembilan mahasiswa dari sleuruh perwakilan prodi dan satu dosen STKIP Al-Hikmah memenuhi undangan dari AAL untuk mengikuti “International Cadet Seminar” yang diselenggarakan oleh Akademi Angkatan Laut (AAL) pada hari Selasa, 31 Juli 2018 di Gedung Maspardi, Bumimoro, Surabaya. Seminar internasional ini dihadiri oleh Taruna Akmil, AAL, AAU, Akpol, The Reserve Officers Training Corps (ROTC) U. S. Army, dan mahasiswa dari perguruan tinggi besar di Jatim seperti Unair dan UPN juga diundang. Sehingga sebuah kehormatan tersendiri bagi mahasiswa STKIP Al Hikmah disejajarkan dengan kampus pergurun tinggi besar di Jatim. Jumlah total peserta sekitar 160 orang. Hadir pula sebagai tamu undangan yakni Danjene Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S. Sos, pejabat TNI di Surabaya, dan pimpinan Perguruan Tinggi negeri maupun swasta di Jawa Timur. Mengusung tema “Growing and implementing maritime visioned leadership to respond the 21st century challanges”, seminar internasional ini sejalan dengan visi STKIP Al-Hikmah yang akan menghasilkan lulusan guru pejuang Abad ke-21.

Seminar dibuka oleh Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S. E., M. M. yang menjelasan bahwa seminar internasional tersebut bertujuan untuk merumuskan kepemimpinan maritim dalam menghadapi tantangan Abad ke-21. Taruna dan mahasiswa menjadi sasaran yang tepat untuk mempersiapkan generasi pemimpin masa depan agar kemaritiman Indonesia semakin maju. Keynote speaker seminar internasional ini yaitu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S. E., M. M. yang diwakili oleh Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S. E., M. M.

Laksamana (purn.) Bernard Kent Sondakh yang saat ini menjabat sebagai presiden Indonesia Institute for Maritime Studies menyampaikan materi pertama yaitu tentang kepemimpinan maritim pada Abad 21. Kepala Staf Angkatan Laut periode 2002 sampai dengan 2005 ini mengemukakan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki tantangan yang besar terkait isu kemaritiman, seperti polusi air, pemanasan global, pelanggaran hukum, perdebatan batas maritim, dan bencana alam. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, kepemimpinan maritim hendaknya memiliki standar moral yang tinggi, profesionalisme, dan keberanian.

Pemateri kedua yaitu Mayor Michael F. Coerper yang merupakan Assisstant Professor of Military Science at California State Universityjuga menyampaikan tentang karakter pemimpin maritim pada Abad 21. Lulusan U.S. Army Ranger School ini mengemukakan bahwa nilai-nilai prajurit harus senantiasa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa STKIP Al-Hikmah sebagai calon guru masa depan, harus memiliki pengetahuan dari berbagai kalangan.Seminar ini menginspirasi para mahasiswa dan dosen STKIP Al-Hikmah yang mengikuti acara ini dari pukul 06.30 hingga 14.00. (ril)


 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional