Halal Bihalal Keluarga STKIP Al Hikmah: Tradisi “Nggowo Jajan” dan Sharing Pendidikan PDF Print E-mail
Written by Humas Al Hikmah   
Monday, 02 July 2018 16:10

Surabaya – Senin (02/07/2018) keluarga besar STKIP Al Hikmah menyelenggarakan acara Halal Bihalal keluarga STKIP Al Hikmah yang dihandle oleh BEM STKIP Al Hikmah Surabaya. Acara ini dipimpin langsung oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris 2017, Wododo Widayanto. Dengan mengundang seluruh sivitas akademika STKIP Al Hikmah mulai dari dosen, mahasiswa, dan seluruh karyawan duduk bersama dalam satu ruangan. Salah satu hal menarik yaitu sharing pengalaman mahasiswa selama libur hari raya dan semester genap.

 

Ada hal menarik lain dari acara halal bihalal ini yaitu tradisi Nggowo Jajan. Setiap mahasiswa saat kembali ke kampus akan membawa makanan khas daerah masing-masing untuk kemudian dibagikan bersama saat ramah tamah halal bihalal. Makanan yang dibawa mahasiswa sangat beragam, mulai dari makanan basah dan kering, aneka kerupuk dan kuker, dan lain-lain. Tim mahasiswa yang bertugas dalam pengumpulan makanan khas ini juga sangat kreatif, mereka memberikan label nama makanan dan asalnya. “Mulai dari rambut jagung sampai rambut nenek ada semua ustadz-ustadzah”, sambil mengulumkan tawa Cakra selaku mahasiswa anggota Kopmawa berceletuk. Hal ini menjadi khasanah kosakata dan pengatahuan baru bagi sivitas akademika untuk mengenal Indonesia lebih jauh. “Harapannya, tidak hanya upacara yang biasa kami lakukan dalam upaya pemnbentukan nauisonalisme, namun melalui makanan ini pun menjadi sarana bagi mereka semakin cinta kepada Indonesia”, tutur ustadzah Lina Wijayanti, M.Pd.

Setelah acara ramah tamah usai, mahasiswa melanjutkan acaranya secara mandiri dengan membagi dirinya menjadi empat kelompok. Isi dalam kelompok tersebut kemudian sharing tentang pengalaman selama liburan yang ada hubungannya dengan pendidikan. Salah satu mahasiswa PGSD mengungkapkan bahwa ada tiga hal yang dia lakukan selama liburan lebaran “Satu, saya bertemu beberapa teman yang juga kuliah di keguruan, banyak hal yang saya sharingkan dengan teman-teman saya tersebut. Kedua, selama perjalanan saya menuju tempat-tempat silaturrahim saya punya beberapa angan-angan dan coretan-coretan tentang pendidikan kedepan. Dan yang ketiga, melakukan koneksi dengan organisasi kemahasiswaan di kampus lain di sekitar.” Jelas Lazuardi Rahman. (wij)

 


Last Updated on Monday, 02 July 2018 16:14
 

Login Form



Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional