Kuliah Umum Bersama Kepala International Islamic School Malaysia PDF Print E-mail
Written by Humas Al Hikmah   
Sunday, 29 April 2018 12:22

Minggu yang penuh semangat. Sivitas akademika STKIP Al Hikmah Surabaya mengadakan Kuliah Umum bersama Dr. Zulfan Haidar Zamzuri Umar. Beliau menjabat sebagai Kepala International Islamic School Malaysia. Acara dimulai tepat pukul 08.00, dengan  tema "ISLAMIC CAMBRIDGE SCHOOL”. Dr. Zulfan merupakan kelahiran Yogyakarta yang telah berpindah ke Malaysia.

 

 

 

Ketua STKIP mengucapkan selamat datang dan terima kasih pada Dr. Zulfan Haidar Zamzuri Umar dengan memberikan penjelasan secara ringkas bahwa kampus merupakan kampus penghasil pejuang, bukan sekadar pekerja. Kegiatan kerja sama dengan pihak Islamic School Malaysia juga disampaikan oleh Ustaz Zahri pada kalimat-kalimat sambutannya.

Moderator memulai acara dengan kalimat motivasi, “We are teacher, Allahu Akbar!” yang diikuti serentak oleh semua mahasiswa. Sosok karismatik Dr. Zulfan menarik perhatian dan fokus para mahasiswa, dosen, dan pengasuh sehingga

Sejarah pendidikan beliau sangat mengagumkan sebab beliau mampu menjalani dua proses  kuliah di tempat yang berbeda. Kalimat beliau yang menyentuh hati, “Saya menyesal karena tidak menjadi yang terbaik.” Spirit yang disampaikan pada mahasiswa dengan nada rendah menambah

Dr. Zulfan memberikan semangat pada mahasiswa untuk menguasai salah satu bela diri sebagai bekal menjadi guru yang memiliki soft skill. Pada satu sesi, Dr. Zulfan mengadakan simulasi wawancara yang mencerminkan kecermatan dan kematangan sebagai guru. Beberapa pertanyaan yang disampaikan menggambarkan bukti bahwa soft skill menjadi salah satu bekal mencerdaskan murid. Sejenak suasana ruangan berubah tegang dan senyap karena mendengarkan wawancara singkat yang meliputi komitmen, agama, keterampilan, dan pengetahuan umum antara Dr. Zulfan dengan tiga mahasiswa, Feri, Amir, dan Orthio.

STKIP Al Hikmah mendapatkan banyak pelajaran dari cara Islamic Cambridge School. Sekolah yang telah menjadi salah satu sekolah internasional yang langsung berhubungan dengan Camridge sehingga sumber pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran berbasis Cambridge. Proses ujian dan pembelajaran di Islamic Cambridge School yang disiplin ilmu digambarkan oleh Dr. Zulfan. Beliau juga langsung memberikan contoh cara menulis di papan sebagai seorang guru ala Cambridge.

Mahasiswa ditantang untuk mengajar secara spontan berbahasa Inggris dengan materi dan perangkat yang telah disediakan oleh Dr. Zulfan. Sesi ini berhasil membuat suasana ruangan semakin meriah karena mahasiswa sangat kooperatif. Akhir sesi, penampilan mahasiswa mendapat beberapa saran yang mendukung penampilan mahasiswa sebagai guru.

Selain fokus pada upaya penampilan sebagai seorang guru, Dr. Zulfan juga menjabarkan barang pribadinya yang dibawa ketika perjalanan, tentu saja mencerminkan seorang muslim dan guru. Cara berjalan yang baik, berbicara yang santun, bawaan pribadi, kostum yang digunakan, serta cara memperlakukan orang lain, secara gamblang beliau paparkan agar kelak menjadi guru profesional, nyaman dipandang, serta ramah sebagai rekan bicara. Oleh sebab itu, Dr. Zulfan berharap para mahasiswa rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan penampilan yang bugar sebagai seorang pendidik.

Beliau memberikan simpulan pada sesi tanya jawab, “Guru harus disiplin dengan penampilan, konsisten terhadap ucapan, dan sinergi dengan pengetahuan yang dimiliki. Tidak ada alasan bagi kalian untuk tidak pandai sebab saat ini semua sudah ada di tangan Anda.”

Syakib Abdullah, Ketua pembina YLPI Al Hikmah, pun datang di acara hari ini dan memberikan penutup, “Kalian anak-anak kami, kami sayang pada kalian, sebab itu kami menghadirkan Dr. Zulfan untuk kalian belajar menjadi guru yang diidamkan generasi bangsa.”

Semoga mahasiswa menjadi lebih menawan dan spektakuler sehingga kelak berhasil menghasilkan generasi penerus yang gemilang. Aamiin. (wid)


Last Updated on Monday, 30 April 2018 07:15
 

Login Form



Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional