Written by Humas Al Hikmah   
Wednesday, 18 April 2018 08:54

Surabaya – Pernahkah kita lupa mematikan lampu ketika keluar ruangan? Jika pernah, tentu hal ini merupakan salah satu tindakan pemborosan listrik. Bayangkan, listrik tetap menyala sekian lama meskipun tidak ada orang di dalamnya. Inilah yang menjadi latar belakang mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dalam menghasilkan sebuah karya prototype yang mampu mengatasi permasalahan tersebut.

 

Senin, 16 Maret 2018 telah dilakukan uji publik terhadap karya mahasiswa. Uji publik berlangsung di ruang arafah dengan dihadiri para dosen dan tim proyek yang diketuai oleh Abdul Aziz Alfaruq (Mahasiswa prodi pendidikan Fisika semester 2). Prototype yang dinamakan Motion Sensoric Lamp (MSL) ini bekerja berdasarkan sensor gerak. Jika sensor tidak menemukan adanya gerakan, maka lampu akan mati. Namun, jika sensor menemukan adanya gerakan maksimal dalam jangkauan 4 meter maka lampu akan menyala secara otomatis.

Uji publik MSL ini berjalan dengan lancar. Setelah mahasiswa mempresentasikan cara pembuatan dan cara kerja MSL, para dosen pun antusias untuk menguji karya tersebut dengan menggerak-gerakkan tangan ke dalam kotak. Para dosen sangat mengapresiasi karya tersebut dan mendorong agar prototype ini dapat diterapkan di kampus maupun asrama sehingga pemakaian energi listrik menjadi lebih hemat. Para dosen berpesan agar mahasiswa tetap semangat dalam menghasilkan karya-karya yang lain dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional