Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 27 March 2018 15:54

Surabaya – Bagian otak manakah yang lebih dominan pada diri kalian? Pertanyaan inilah yang mengawali materi diskusi yang disampaikan oleh Ustadz Agus Rohman, M.Pd. pada 23 Maret 2018, Jumat lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari Forum Diskusi Ilmiah yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah. Forum ini diselenggarakan secara rutin setiap satu bulan sekali dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya meneliti bagi para sivitas akademika di lingkungan Prodi Pendidikan Fisika. Acara ini merupakan gelanggang bagi para dosen dan mahasiswa prodi untuk saling berbagi hasil penelitian maupun kajian ilmiah yang telah dilakukan.

 

 

 

Kreativitas mahasiswa dengan MindMap menjadi tema yang diangkat pada Forum Diskusi Ilmiah di bulan Maret ini. Melalui beberapa tanya jawab singkat dengan peserta, ternyata rata-rata mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika memiliki dominasi otak kiri yang berhubungan dengan logika, angka, dan perhitungan. Ustadz Agus Rohman, M.Pd. menjelaskan bahwa setiap orang memiliki kecenderungan dominasi otak yang berbeda-beda. Ada yang dominan otak kanannya, ada yang dominan otak kirinya, namun ada juga yang dapat menyeimbangkan kerja keduanya.

Beliau menambahkan bahwa secara umum ‘orang-orang sains’ memang memiliki dominasi otak kiri, namun ada cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kerja otak kanan sehingga kedua bagian otak dapat bekerja secara seimbang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Mind Map. Mind Map merupakan cara mencatat ide maupun gagasan sesuai dengan cara kerja otak kita. Kita dituntut untuk sekreatif mungkin menuangkan ide tersebut dengan memaksimalkan penggunaan bentuk, warna, dan gambar yang beragam. Inilah yang nantinya akan meningkatkan kinerja otak kanan kita.

Acara demi acara berlangsung dengan lancar dan para peserta pun antusias ketika mendengarkan penjelasan Ustadz Agus Rohman, M.Pd. maupun ketika sesi tanya jawab. Peserta merasa mendapat informasi baru terkait gaya belajar yang dapat mereka terapkan untuk menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri. Metode Mind Map dapat membantu kita untuk belajar dengan memaksimalkan kerja kedua bagian otak. Mahasiswa fisika yang cenderung memiliki dominasi otak kiri dibiasakan untuk lebih memaksimalkan kerja otak kanan mereka dengan membuat Mind Map tentang materi pembelajaran sehingga mampu memahami secara menyeluruh dan dapat bersifat long term memory. (Ind)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional