Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 13 March 2018 10:59

Ahad, 11 Maret 2018

Pemimpin mengambil peran, bukan hanya sebagai jabatan. Motto itulah yang selalu diserukan dalam kegiatan LKMM-TD yang telah dilaksanakan oleh para pemimpin organisasi mahasiswa di STKIP Al Hikmah. Terhitung tanggal 8 – 9 Maret 2018, para peserta LKMM-TD telah melaksanakan pelatihan selama 40 jam. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan pemimpin ormawa yang memiliki insiatif, peka terhadap lingkungan dan berani mengambil tindakan. Pemateri dari mahasiswa alumni ormawa, dosen, ketua STKIP, mahasiswa ormawa kampus lain bahkan masyarakat pun ikut serta mendidik para peserta untuk menjadi pemimpin yang terbaik.

 

Kegiatan ini dilaksanakan 20 jam dalam ruangan dan 20 jam di lapangan. Dimulai dari bagaimana hakikat seorang pemimpin dalam islam dan kepeimpinan para khalifah, peserta membangun persepsi dasar seorang pemimpin dalam islam. Kemudian, dilanjutkan dengan bagaimana pemimpin dalam konteks keuguruan yang langsung dibahas oleh ketua STKIP Al Hikmah, ustadz Mohammad Zahri, M.Pd. Berbagai kebutuhan sebagai ormawa seperti administrasi, proposal program, sponsorship, pengorganisasian dan manajemen program kerja juga diberikan oleh panitia kegiatan. Di akhir sesi, para pemimpin ormawa ditantang untuk berdebat dengan pejabat-pejabat BEM-SI dan PMII mengenai isu yang sedang dihadapi oleh mahasiswa.

Pada kegiatan dilapangan, para peserta ditantang untuk melakukan perjalanan panjang dalam waktu yang singkat untuk melatih problem solving mereka. Selain itu, mereka harus melakukan orasi di tempat umum tetang bagaimana kehormatan guru. Hal ini melatih keberanian pemimpin dalam berpidato ditengah masyarakat. Dan sebagai kegiatan inti di lapangan, para peserta ditantang untuk membantu salah seorang warga yang memerlukan bantuan dalam manajemen rumah, dari membersihkan, menata, membuat kandang bebek serta berjualan. Hal ini dirancang untuk melatih inisiatif dan komunikasi mereka. Semoga para pemimpin ormawa kelak menjadi pemimpin yang layak memiliki inisiatif tinggi dan berani mengambil peran melalui kegiatan LKMM-TD ini. (Far)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional