Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 27 February 2018 08:59

Program Profesi Guru (PPG) merupakanprogram lanjutanuntuksarjanapendidikan yang telahdinyatakanlulusdandiwisudaolehkampus. Program ini bagian dari program lanjutan sebagai standar guru yang memenuhi profesionalitas. Pemerintah telah membuat tiga jalur untuk menunaikan program ini, yakni melalui jalur tes PPG SM3T, PPG prajabatan swadaya dan bersubsidi serta PPG dalam jabatan yang bersubsidi. Tiga jalur ini dapat dijadikan cara menjadi guru yang profesional.

Secara prosedural PPG dilalui dengan berbagai macam seleksi, antara lain melalui tahapan Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Bidang, dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris. Setelah itu, apabila lolos terdapat tahapan tes yang harus dilewati, yakni melalui tes wawancara untuk menggali bakat, minat, dan kepribadian. Selain wawancara face to face juga diadakan wawancara dengan model FGD yang bertemakan isu-isu kekinian. Selanjutnya bila peserta dinyatakan lolos, maka peserta PPG harus menempuh berbagai prosedur salah satunya, yakni peserta tersebut lolos melalui jalur SM3T maka peserta diwajibkan mengabdi selama satu tahun di daerah 3T kemudian baru diikutkan PPG.

Mendasar dari ulasan di atas, STKIP Al Hikmah Surabaya menyelenggarakan temu ilmiah untuk mengulas terkait persiapan mahasiswa STKIP Al Hikmah. Materi tersebut dibawakkan oleh Ust. Faishol Hadi, M.Pd selaku ketua PPG di STKIP Al Hikmah, Ust. Rizky Ramadhan, M.Pd selaku dosen Pendidikan Bahasa Inggris, dan Ust. Rian Surya Putra selaku dosen Pendidikan Bahasa Indonesia. Temu ilmiah tersebut ramai dengan respons audiens dalam mengkaji dan menelaah tema ini sehingga membuat hangat diskusi. Wakil Ketua 1 STKIP Ust Zainal Abidin, S.Si, M.Pd mengkritisi bahwa “Program PPG apakah bisa menjamin mengajar dengan profesional?” Selain itu, beliau juga memberikan solusi terkait program ini, “Semua guru  di Indonesia yang memiliki karya mendapat remunerasi seperti halnya PNS, yang diartikan bahwa karya yang dihasilkan dari guru merupakan salah satu indikator penilaian guru profesional,” imbuhnya.Selanjutnya, dari pemateri Ust. Rian Surya Putra, M.Pd menambahkan bahwa “Proses PPG yang diselenggarakan oleh pemerintah sebenarnya sudah terlaksana dengan baik di STKIP Al Hikmah melalui perkuliahan, program mahad, Induksi Guru Senior (IGS), dan perkuliahan. Semuaa itu, terformulasi menjadi satu sehingga calon guru yang kuliah di kampus Al Hikmah telah melaksanakan PPG yang sebenarnya,” tuturnya.

Meninjau dari pendapat di atas bahwa STKIP Al Hikmah telah berupaya penuh untuk menyukseskan program dari pemerintah. Upaya-upaya tersebut ditempuh melalui perkuliahan 24 jam, program Mahad yang bertujuan pembentukan karakter dengan intergrasi nilai Islam dan IGS, yakni para mahasiswa langsung terjun di kelas untuk mengikuti dan praktik dengan guru-guru SD, SMP, dan, SMA di Al Hikmah untuk meningkat soft kompetensi dan hard kompetensi. Di sisi lain, Ketua LPPG STKIP Al Hikmah Surabaya Ust. Faishol Hadi, M.Pd memberikan sedikit bocoran bahwa“ Setiap dua pekan sekali mahasiswa STKIP Al Hikmah akan membahas soal-soal yang berkaitan dengan PPG,” Tuturnya. Hal ini semakin menguatkan bahwa STKIP Al Hikmah merupakan kampus guru, kampus yang melahirkan guru-guru muda pejuang, berintegritas tinggi, dan berkepribadian muslim.

Hasil dari diskusi ini, yakni usulan agar setiap perkuliahan yang dilaksanakan oleh para dosen diarahkan pada proses pembelajaran di PPG, yang bertujuan untuk membentuk kompetensi keguruan mahasiswa. Kajian mata kuliah pada program PPG meliputi (a) Keprofesian Guru, (b) Pendalaman Materi Pedagogis, (c) Pendaalaman Materi Bidang Studi, (d) Perencanaan Pembelajaran, (e) Penilaian Pembelajaran, (f) Peerteaching, (g) Perencanaan Penelitian Tindakan, (h) Penelitian Tindakan, (i) PPL, dan (j) Kehidupan Berasrama. Penyusunan kajian mata kuliah yang sudah ditentukan diharapkan membantu LPTK untuk menyusun mata kuliah untuk mencapai kompetensi keguruan mahasiswa PPG. (jat)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional