Berbekal Bahan Sederhana PDF Print E-mail
Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 13 February 2018 09:04

Surabaya – Terkadang membuat kelas hidup tidak harus dengan mengeluarkan banyak biaya. Berbekal bahan-bahan sederhana pun seorang guru bisa menciptakan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Inilah yang coba dibagikan oleh Prodi Pendidikan Fisika kepada para guru di SMP YPP Nurul Huda dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2018, Sabtu lalu. Sekolah yang beralamat di Jalan Sencaki No.64 ini telah terakreditasi A, namun dirasa masih memerlukan pelatihan-pelatihan semacam ini untuk lebih meningkatkan motivasi belajar para siswa.

 

Program pelatihan ini dilatarbelakangi oleh komitmen para dosen STKIP Al Hikmah untuk senantiasa berkontribusi dalam dunia pendidikan. Selain itu, para dosen juga ingin saling berbagi ilmu dengan para guru terutama dalam hal meningkatkan motivasi belajar siswa, yang salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran kreatif.

Dibantu dengan dua dosen dan dua orang mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, Ustadzah Indhah Permatasari, M.Pd bersemangat memberi penjelasan umum terkait bagaimana cara membuat media pembelajaran yang kreatif dari bahan-bahan sederhana kepada seluruh guru SMP YPP Nurul Huda. Hingga kemudian acara dilanjutkan dengan workshop pembuatan media pembelajaran kreatif dari bahan-bahan sederhana yang dibimbing langsung oleh para dosen.

Acara demi acara berlangsung dengan lancar dan para peserta pun antusias, terlihat ketika mereka bersemangat dan terampil dalam kegiatan workshop pembuatan media dan mempresentasikan hasil karya media buatannya. Peserta merasa sangat terbantu karena dapat memanfaatkan keterampilan ini untuk diterapkan dalam pembelajaran. Karena meskipun media yang dilatihkan adalah media berbasis sains, namun tetap bisa diaplikasikan pada semua mata pelajaran.

Terakhir, Bapak Ach. Fauzi Azhary, S.Pd.I., M.Th.I. berterimakasih pada tim Prodi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah dan berharap akan tindak lanjut dari kegiatan ini, sehingga masing-masing pihak, baik dosen maupun guru dapat bersama-sama mengembangkan keterampilannya dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. (Ind)

 

Last Updated on Tuesday, 13 February 2018 09:05
 

Login Form



Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional