Pelatihan Anti Menjadi Guru Lontong Basi PDF Print E-mail
Written by Humas Al Hikmah   
Wednesday, 31 January 2018 12:59

Surabaya - Menciptakan kelas yang menyenangkan dan penuh semangat kuncinya ada pada guru, karena guru merupakan sutradara sekaligus aktif dalam kelas. Untuk itulah Tim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) mengadakan Pegabdian Masyarakat di SD Labschool Unesa Surabaya. Kegiatan berlangsung pada hari jumat 26 januari dan Senin 29 januari 2018 ini diikuti oleh 35 guru setempat. Acara yang bertajuk pelatihan Ice breaking dan pembelajaran Joyfull Leraning ini disambut baik oleh guru SD Labschool Unesa yang haus akan inovasi dalam pembelajaran. Dalam sambutannya, Ketua Prodi PGSD, Lina Wijayanti, M.Pd. menyampaikan bahwa Guru harus bisa mendesain pembelajaran semenarik dan seinovatif mungkin agar suasana kelas menjadi “hidup”. Jika siswa dalam kondisi enjoy, pelajaran akan lebih mudah diserap karena tidak ada unsur keterpaksaan.

 

Pelatihan dibuka dengan pemateri pertama, Muhammad Yusuf Effendi yang menjelaskan tentang bagaimana cara menjadi guru kreatif dan inovatif. guru harus mampu membuat berbagai macam variasi dalam pembelajaran, salah satunya dikemas dengan permainan atau ice breaking agar suasana kelas menjadi semangat dan penuh gairah. Karena permainan bisa mengatasi siswa yang lelah belajar, jenuh, dan kurang motivasi saat kegiatan belajar di kelas. Jangan sampai menjadi “guru lontong Basi” yaitu guru yang cara mengajarnya jadul dan tidak mau berkembang, sehingga tidak diminati siswa.

Belajar siswa akan lebih efektif jika siswa dalam keadaan gembira. Mereka akan terdorong untuk belajar lebih banyak dan lebih lama tanpa ada rasa bosan dan keterpaksaan. Tetapi aktivitas bermain harus didesain sedemikian rupa agar terasa manfaatnya, memiliki tujuan jelas, dirancang dengan sesama di awasi dan dievaluasi hasilnya.Begitu yang disampaiakn frista Meylinda selaku pemateri dua.

Pelatihan ini dikemas dengan interaktif, guru lebih banyak praktek dan menciptakan games dari hasil diskusi kelompok yang akan dihimpun oleh tim PGSD STKIP Al Hikmah untuk menjadi sebuah karya buku. Kaprodi menutup pelatihan dengan memberikan cindera mata untuk sekolah, Kepala SD Labschool Unesa, Drs. H. Jusmono, menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, beliau berharap ada kelanjutan dari pelatihan ini, agar guru-guru dapat meinbah lebih banyak ilmu untuk pengembangan inovasinya di kelas. (eff)

 

Last Updated on Wednesday, 31 January 2018 13:03
 

Login Form



Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional