Written by Humas Al Hikmah   
Tuesday, 09 January 2018 10:34

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Surabaya - Sabtu, 06/01/2018 STKIP Al Hikmah Surabaya mengadakan Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam, Program Kaderisasi Ulama (PKU) bersama UNIDA Gontor. Acara dimulai pada pukul 08.00 hingga 11.00 WIB di ruang Arafah. Pemateri berasal dari UNIDA Gontor diantaranya Ustaz Syarif Hidayatullah, Ustaz Ghozali dan Ustadzah Hidayatussa’adah. Para peserta seminar PKU yaitu mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya dan mahasiswa UNIDA Gontor. Stand yang menjual buku-buku dari Gontor juga didirikan di depan ruang Arafah.

Acara seminar ini diadakan untuk membahas dan mengulas masalah-masalah persoalan agamadan umat saat ini. Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Al Hikmah. Selesai pembukaan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan baik dari pihak STKIP Al Hikmah Surabaya maupun UNIDA Gontor. Acara inti diawali dengan perkenalan singkat dari parapemateri. Para pemateri menyampaikan seputar tentang pegaruh dan akibat dari sekularisme. Setelah narasumber menyampaikan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab dibagi menjadi tiga bagian dimana setiap bagian terdapat tiga penanya. Namun waktu yang singkat membuat narasumber tidak bisa memberikan penjelasan mendalam. Setiap jawaban mendapat respon dari penanya sehingga terjadi diskusi yang cukup panjang.

Para narasumber berpendapat bahwa acara ini merupakan forum diskusi yang juga menjadi ajang untuk menggali pengetahuan bagi para mahasiswa. Materi yang dibahas adalah bagaimana menjawab tentang pemikiran islam. Bagaimana liberalisme, komunisme dan terorisme yang dilakukan musuh-musuh islam. Terutama di bidang pendidikan yang memiliki masalah sangat kompleks. Entah akan dibawa kemana arah pendidikan Indonesia, tidak sedikit nilai-nilai keagamaan yang dihilangkan. Juga tentang revolisi mental yang saat ini dicanangkan oleh pemerintah.

Acara seminar PKU ditutup dengan sebuah pesan dari narasumber yaitu “Apapun profesi kalian, dimanapun kalian harus mengajar. Guru tidak hanya mengajar tapi juga mendidik anak didiknya. Cara mengajar itu lebih penting dari pada materi yang disampaikan dan diantaranya ruh pada pengajar itu sendiri. Jika memisahkan ilmu dan guru, maka itu adalah hal yang keliru. Gurulah sang pemilik ilmu, maka selalu mintalah ilmu darinya (guru)”. (imam)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional