Kuliah Tamu; Lepas ‘Kacamata Kuda’ Kalian! PDF Print E-mail
Written by Humas Al Hikmah   
Friday, 10 November 2017 09:20

 

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika sedang menimba ilmu dalam kuliah tamu bersama Prof.Dr.Siti Maghfirotun Amin. Sepuluh pemuda tampak serius dan aktif setiap kali diberikan kesempatan bertanya atau memberi tanggapan. Terasa sekali keinginan mereka untuk berkembang dan menjadi lebih baik, tidak melewatkan kesempatan berharga menimba ilmu dari pakar. Maka tidak heran jika kelak mereka akan menjadi guru da’i yang juga merangkap sebagai pakar Matematika.

 

 

Kehadiran Prof.Dr.Siti Maghfirotun Amin memberikan semangat bagi mahasiswa, salah satu gebrakan beliau, “Saya senang mengocok-ngocok otak kalian.” Ada filosofi di balik kalimat itu, Prof.Dr.Siti Maghfirotun Amin tersenyum penuh makna ketika melihat para mahasiswa mengerutkan kening di sesi diskusi mengenai himpunan dan sistem deduktif aksiomatik. Demi menampung semangat mereka, beliau mengajak mahasiswa menuliskan pertanyaan di papan tulis. Papan tulis pun berkali-kali dihapus untuk memberikan ruang pada semua mahasiswa yang semakin haus menimba ilmu. Suasana belajar di kuliah tamu terasa sangat kondusif sebab mereka semakin menerapkan nasihat Prof.Dr. Siti Maghfirotun Amin untuk melepaskan “kacamata kuda” yang selama ini digunakan.

Kesadaran mengenai “kacamata kuda” terlihat ketika mereka menerapkan pesan penting kuliah tamu, “matematika dapat dikaitkan dengan beragam topik lainnya, tidak harus linier dalam satu garis yang membosankan.” Dengan kuliah tamu hari ini, mahasiswa diharapkan semakin siap terjun ke dunia pendidikan untuk berkontribusi menciptakan generasi Islam berkarakter dan berprestasi. Sangat terasa harapan besar Prof.Dr.Siti Maghfirotun Amin terhadap kemampuan terpendam mahasiswa sehingga beliau berkata, “Melihat sorot mata Saudara, saya yakin otak Saudara bekerja.” Ini membuktikan bahwa mahasiswa aktif berpikir tidak hanya mengenai pandangan umum jurusan yang telah dipilih namun juga mulai berpikir untuk menularkan ilmu pada siswa mereka kelak. Semoga kuliah tamu hari ini dapat menjadi bekal bagi mereka mencari ilmu. (wid)

 

Last Updated on Friday, 10 November 2017 09:20
 

Login Form



Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional