Tuesday, 18 November 2014 07:43

Expert Communication Syarat Guru Internasional

Al Hikmah- STKIP Al Hikmah Surabaya bercita-cita menjadikan mahasiswanya guru pejuang abad 21. Di milenium ke-3 ini, salah satu kecakapan yang harus dimiliki seorang guru adalah expert communication (keahlian komunikasi). Komunikasi yang tidak hanya pada ranah nasional, melainkan internasional. Kemampuan berbahasa asing mutlak dibutuhkan, khususnya Inggris dan Arab.

Seluruh mahasiswa diharapkan menguasai dua bahasa tersebut. Bahasa Inggris selain bahasa Internasional, juga merupakan bahasa teknologi. Sedangkan bahasa Arab adalah alat untuk memahami al-Qur’an dan al-Hadits serta buku-buku warisan para ulama terdahulu. Dalam surat Yusuf ayat 2, Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”

Ma’had ‘Aly STKIP Al Hikmah tidak hanya bercita-cita, tapi melakukan tindakan nyata. Terbukti dengan adanya program Daily Conversation, di mana para mahasiswa wajib menggunakan bahasa Inggris dan Arab 24 jam. “Salah tidak masalah, yang terpenting adalah mau dan berani berbicara.” tegas ustadz Amin Nurdin yang merupakan salah satu pengasuh di Ma’had ‘Aly.

Butuh perjuangan untuk menjadikan mahasiswa mahir berbahasa Inggris dan Arab. Yang pertama adalah menanamkan nilai pentingnya menguasai bahasa Inggris dan Arab kedalam jiwa setiap mahasiswa. Kedua, menciptakan miliu berbahasa dengan para pengasuh sebagai teladan. Ketiga, menegasi mahasiswa untuk meninggalkan bahasa daerah selama di Ma’had. Keempat, mengawal program bahasa diantaranya; delivering vocabularies dari hari Senin-Kamis pagi sebanyak tiga kosakata baru, memorizing vocabularies test hari Jum’at pagi, watching movie hari sabtu malam dan Daily conversation selama 15 menit hari Ahad pagi. Yang terakhir adalah membentuk bagian penggerak bahasa yang akan mengawal terbentuknya language society dari pengasuh dan beberapa mahasiswa. Semua dosen pun mendukung program ini, dengan menggunakan bahasa Inggris dan Arab ketika berkomunikasi dengan mahasiswa.

Pada akhirnya mahasiswa tidak hanya bercita-cita untuk menjadi guru di Indonesia, melainkan di seluruh negara Asia, Australia, Eropa, bahkan Amerika untuk memperluas wilayah dakwah Islam. (Adi El-Jihady)

 

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional