Thursday, 23 October 2014 09:46

Bergerak Lebih Awal

Al Hikmah- Bergerak lebih awal berbanding lurus dengan bangun tidur lebih awal. Dengan bangun tidur lebih awal, maka bisa bergerak, menyelesaikan tugas, dan meraih kesuksesan lebih awal. Itulah pembiasaan yang diterapkan di Ma’had ‘Aly STKIP Al Hikmah Surabaya dengan “kurikulum 24 jam”-nya.

Setiap hari para mahasiswa bangun 1 jam sebelum shubuh. Mereka bisa memanfaatkan waktu ini untuk shalat tahajud, shalat fajr, berdzikir, menghafal al-Qur’an, mensyukuri nikmat Allah SWT dan memperbanyak do’a sambil menanti waktu subuh. Berharap janji Allah dalam firman-Nya, “Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Al-Isro’ 79).

Karena pagi hari adalah saat dimana otak mampu berpikir lebih jernih, mahasiswa biasa menggunakan kesempatan emas ini untuk merancang semua aktivitas selama satu hari dan menyusun strategi dalam mencapai goal-goal yang sudah dibuat.

Tentunya hidup mahasiswa lebih sehat, karena dengan bangun lebih awal mereka bisa menikmati segar dan sehatnya udara pagi hari. Ditambah mereka mempunyai waktu luang sekitar 30 menit untuk olahraga setelah shubuh dan program delivering vocabularies.

Para mahasiswa dilarang tidur pagi, karena tidak sehat. Psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Soleh Amini mengungkapkan kebiasaan tidur pada waktu shubuh atau setelahnya bagi yang muslim, akan menimbulkan lazy syndrome atau sindrom kemalasan.

Dengan kegiatan yang sudah aktif sebelum sholat shubuh, diharapkan para mahasiswa menjadi pribadi-pribadi yang visioner, kuat spiritualnya, tinggi tingkat intelektualitasnya dan sehat jasmaninya. Sehingga mereka siap menghadapi berbagai macam permasalahan umat. (Ady El-Jihady)

 

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional