Wednesday, 15 October 2014 06:21

"Kurikulum 24 jam" Ma'had 'Aly  STKIP Al Hikmah

Al Hikmah-Integrasi kampus dan pondok, menjadikan Ma’had ‘Aly Al Hikmah Surabaya mempunyai “kurikulum 24 jam”. Semua kegiatan mahasiswa dari bangun tidur sampai tidur lagi adalah kurikulum. Mahasiswa tidak hanya dinilai dari aspek akademis, melainkan juga dinilai dari aspek ibadah, akhlak, disiplin, kebersihan, kerapian dan totalitas kehidupan 24 jam.

 

“Apa yang kamu lihat, dengar, rasakan dan alami adalah pendidikan”, itulah slogan yang terlahir dari “kurikulum 24 jam”. Semua pendidik di Ma’had ‘Aly, baik dosen maupun pengasuh berusaha semaksimal mungkin menjadi teladan bagi para mahasiswa dalam segala segi. Mereka juga berusaha membuat miliu yang kondusif demi lancarnya proses pendidikan.

Pendidikan bukan hanya sekedar pengajaran, karena pengajaran hanya salah satu sarana mendidik. Oleh sebab itu dalam “kurikulum 24 jam” semua aktivitas mahasiswa diharapkan menjadi sarana untuk mendidik.

Dari bangun tidur mahasiswa sudah dididik untuk bangun lebih awal yaitu pukul 03:30 WIB, untuk melaksanakan qiyamulail dan shubuh berjama’ah tepat waktu di masjid. Setelah menghapal al-Qur’an, pukul 05:00 mahasiswa didrill untuk lancar berkomunikasi bahasa Inggris dan Arab dengan program delivering vocabularies dan daily conversations. Dengan waktu yang terbatas mahasiswa dituntut untuk berdisiplin masuk kuliah pukul 06:20 yang diawali dengan membaca al-Qur’an bersama. Di perkuliahan mereka tidak hanya diajarkan teori dan materi dengan dosen-dosen berkualitas, melainkan juga mereka ditantang untuk belajar menjadi guru(nyantrik) di sekolah-sekolah lab Al Hikmah. Malamnya mereka mendapatkan kuliah malam yang diisi oleh para pengasuh dengan materi; Arabiyah, Imla, Sirah Nabawiyah. Sampai tidur pun diatur tidak sembarangan. Sebelum tidur mereka harus wudlu dan membaca do’a bersama serta mereka dilarang tidur dengan hanya memakai celana pendek, kaos dalam dan sarung. Masih banyak lagi aktivitas lain yang dtidak ditulis di sini, semuanya diatur dan diciptakan demi lahirnya guru-guru pejuang abad 21. (Adi El-Jihady)

 

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional