Sunday, 14 September 2014 09:03

STKIP Al Hikmah: Solusi Bangsa

Dilihat dari kemampuan berpikir tingkat tinggi dan problem solving, penduduk Indonesia berada di urutan ke-38 dari total 74 negara, menurut data Global Competitive Index (GCI) periode 2013-2014. Data tersebut menunjukan tentang rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi penduduk Indonesia. Inilah salah satu permasalahan besar di Negara yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah ini.

 

Rabu (10/9), Sekretaris Pelaksana Kopertis VII, Prof. DR. Ali Maksum melihat bahwa STKIP Al Hikmah bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan tersebut. Berberapa indikasinya antara lain; Input mahasiswa yang berkualitas dengan melalui 4 tahap ujian, adanya Pembekalan Mahasiswa Baru (Pembaharu) selama 1 bulan, rasio jumlah dosen dan mahasiswa yang ideal. Di samping itu terdapat program ‘guru-mentor’ dimana mahasiswa dilatih menjadi guru di sekolah laboratorium SMP-SMA Al Hikmah. Pengembangan diri guru dengan bekal budaya belajar dan membaca, akan menanamkan kesan masyarakat bahwa, mahasiswa STKIP Al Hikmah identik dengan belajar dan membaca.

Beberapa indikasi diatas yang didukung dengan konsep integrasi kampus-pondok, merupakan proses yang akan membentuk para mahasiswa STKIP Al Hikmah menjadi guru-guru pejuang abad 21. Mereka memiliki ciri-ciri; ‘ubudiyyah bagus, akhlak karimah, rasa nasionalime tinggi, mental tangguh dan profesionalisme. Sehingga pelan tapi pasti, Negara ini akan bangkit dan bersaing dengan negara-negara ‘maju’ di dunia, khususnya dalam pembenahan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan problem solving penduduk Indonesia. (Adi El-Jihady)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional