Friday, 12 September 2014 09:03

Berani Sukses, Berani Tahan Ketidaknyamanan

PEMBAHARU 2014- Sekretaris Pelaksana Kopertis VII, Prof. DR. Ali Maksum mengatakan, orang sukses adalah dia yang dapat bertahan dengan ketidaknyamanan. Hal itu disampaikan menanggapi pertanyaan mahasiswa terkait dengan proses perubahan pendidikan kearah yang lebih baik. Rabu (10/9) di ruang kuliah STKIP Al Hikmah.

 

“Untuk merubah sebuah bangsa yang harus dirubah dan diperbaiki adalah lembaga pendidikan gurunya,” tegas Prof. DR. Ali Maksum mengapresiasi baik STKIP Al Hikmah, yang mengambil langkah inovatif dengan konsep kampus dan ma’had yang terintegrasi.

Beliau menjelaskan bahwa, Isu Nasional terkait pendidikan yang sekarang sedang berkembang adalah masalah kualitas guru, distribusi guru, Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK), kesejahteraan guru, dan pembinaan berkelanjutan. Dimana hal-hal tersebut masih menjadi PR lembaga-lembaga pendidikan dan sedikit demi sedikit mulai ditingkatkan, yang pada akhirnya Indonesia lebih dapat bersaing di kancah internasional.

Menurut data Human Development Index of United Nations,Indonesia menempati urutan ke-121 di dunia dan ke-5 se-ASEAN dalam kualitas SDM. Sedangkan menurut Trends in International Math and Science survey (TIMSS), tahun 2007 di Global Institut, mayoritas penduduk Indonesia memiliki kemampuan berpikir yang sangat rendah. Hal ini sangat ironis, melihat rasio guru dan siswa di Indonesia sudah sangat ideal yaitu 1:20, yang harusnya secara logika memiliki tingkat mutu pendidikan yang bagus.

Bapak dengan nama panggilan ‘Ali’ ini menaruh harapan besar kepada mahasiswa STKIP untuk menjadi guru-guru yang mempunyai kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa dan Negara khususnya dalam bidang pendidikan. (Adi El-Jihady)

 

Foto Slide

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Belajar di AAL BumimoroBelajar di AAL BumimoroOutbond AALTahfidz Camp 2016Susur Sungai BrantasPramuka STKIP Al Hikmah Pelepasan Balon pada Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru NasionalPanitia Peringatan Hari Guru Nasional