Air Penjaga Kesehatan

Air mungkin menjadi sumber daya alam yang sangat melimpah di daerah sekitar anda. Tapi pernahkan anda tahu bahwa ada banyak daerah di Indonesia yang sangat sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga berhemat air sangatlah penting khususnya bagi teman-teman yang hidup dikota besar, karena umumnya kurang peduli terhadap jumlah air yang telah digunakan karena kemudahan akses untuk mendapatkan air bersih.
Kali ini saya akan berbagi tips untuk teman-teman khususnya yang tinggal didaerah yang stok airnya mudah untuk didapatkan. Selain untuk menghemat sumber daya alamnya, kita juga bisa menghemat membayar tagihan air ke PDAM :)
  1. Pastikan kran air selalu menutup rapat setelah dipergunakan. Karena air yang merembes atau menetes jika diakumulasikan akan tetap menjadi volume yang besar.
  2. Di kran pusat (biasanya di dekat meteran air dari PDAM) bukalah secukupnya, jangan terlalu besar sehingga debit air kencang sekali. Debit air yang tinggi mengakibatkan arus air yang kencang dan ketika kran dibuka air akan menyembur kencang sehingga akan ada air yang terbuang percuma.
  3. Apabila anda ketika mandi sudah terbiasa menggunakan gayung, cobalah untuk menggunakan shower. Dari sebuah penelitian yang valid menyatakan bahwa, umumnya masyarakan dikota besar ketika mandi menggunakan gayung akan menghabiskan kurang lebih 19 liter air, sedangkan mandi menggunakan shower akan menelen kurang lebih 9 liter air saja.
  4. Mandi menggunakan Bathtub merupakan pilihan yang kurang bijaksana (menurut saya). Butuh volume air yang banyak dan sekali pakai saja.
  5. Ketika mencuci mobil atau motor, bijaklah dalam menggunakan air. Ketika membasuh kendaraan dengan sabun, pastikan matikan air terlebih dahulu jangan dibiarkan terbuka. Kadang masyarakat dikota besar, mencuci satu kendaraan saja kadang airnya sampai menggenangi jalan. :)
Nah, itu tadi beberapa tips dari saya agar kita semua khususnya saya sendiri untuk lebih hemat air. Karena air merupakan sumber daya alam yang perlu kita jaga dan paling penting adalah sumber daya dompet kita untuk membayar tagihan PDAM. :)
Terima kasih. Wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *